Ilmu Alamiah Dasar yang selanjutnya disingkat (IAD) merupakan salah satu mata kuliah yang diajarkan di semua program studi.  Urgensi dari pemberian materi perkuliahan IAD kepada mahasiswa adalah untuk mencetak Sarjana Muslim yang memiliki pengetahuan yang mendalam tentang hakikat, sifat, dan fungsi alam semesta dan lingkungan di sekitarnya sebagai anugrah dari Allah SWT bagi kelangsungan hidup manusia.  Materi perkuliahan IAD pada dasarnya memberikan pengetahuan kepada mahasiswa untuk menggali hikmah dari penciptaan langit dan bumi dengan segala macam materi yang ada di dalamnya dengan sudut pandang ilmiah. 

Tujuan mata kuliah ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai konsep-konsep perkembangan penalaran manusia tentang gejala alam secara interdisipliner, sehingga mampu mengembangkan wawasan dan kepekaan terhadap lingkungan alam yang terkait dengan nilai-nilai Islam.

Adapun beberapa manfaat secara garis besar dari materi IAD adalah sebagai berikut: 

(1)   Memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang gejala-gejala alam di sekelilingnya dari sudut pandang ilmiah.

(2)   Memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang kemajuan teknologi akibat dari sumbangsih Ilmu Pengetahuan Alam/sains.

(3)   Memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang pentingnya alam serta lingkungan di sekitarnya yang memberikan kesadaran kepada mahasiswa tentang hakikat kelestarian alam.

(4)   Memberikan pengetahuan kepada mahasiswa bahwa banyak sekali ayat-ayat di dalam Al-Qur’an yang menjadi petunjuk bagi lahirnya perkembangan Sains Dan Teknologi.

(5)   Memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang sumbangsih dunia Islam terhadap perkembangan sains dan teknologi. 

 

Secara garis bersar materi perkuliahan adalah sebagai berikut  : 

(1)    Definisi, karakteristik, ruang lingkup dan manfaat Ilmu Alamiah Dasar,

(2)    Perkembangan Pola Pikir Manusia di barat dan di dunia Islam 

(3)    Metode Ilmiah sebagai Bangunan Sains dan Teknologi,

(4)    Materi dan Energi

(5)    Kosmologi

(6)    Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi modern, serta

(7)    Islam dan Lingkungan Hidup.