1. Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Bahasa Inggris 1 ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa dengan pengetahuan, pemahaman dan penerapan bahasa Inggris tingkat lanjut. Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis bacaan, tata bahasa atau structure yang meliputi simple present tense, simple past tense, present continuous tense dst. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, kegiatan praktek bahasa Inggris berupa berbicara dan menulis. Mata kuliah ini diberikan dengan komposisi yang berimbang antara teori dan praktik. Evaluasi dilakukan melalui tes tertulis, tugas-tugas terstruktur dan partisipasi mahasiswa dalam kelas.

2. Tolok Ukur Indikator Kompetensi

Pada akhir perkuliahan bahasa Inggris para mahasiswa memiliki kompetensi sebagai berikut:

1. kognitif, yaitu mengetahui, memahami dan membedakan berbagai jenis bacaan, jenis tata bahasa dan teks tertentu

2. psikomotorik, yaitu membuat kalimat sesuai tata bahasa yang diberikan

3. afektif, yakni menghargai ragam bahasa yang digunakan untuk situasi tertentu.

3. Metode Pembelajaran

Secara umum perkuliahan akan menggunakan strategi belajar aktif, dimana mahasiswa bukan semata-mata menjadi obyek pengajaran melainkan secara aktif terlibat dalam pembelajaran bersama.

Pada setipa tatap muka, hanya sebagian waktu yang digunakan untuk menceramahkan materi kuliah, sementara sebagian lainnya digunakan untuk melakukan pendalaman baik melalui diskusi berpasangan (the power of two, learning cell atau buzz group) diskusi kelompok kecil (jigsaw learning atau group to group exchange) atau berupa penugasan untuk menjawab pertanyaan, atau meringkas bacaan dengan menggunakan strategi reading guide atau information search.

4. Alternatif Media Pembelajaran

1. papan tulis

2. fotokopi bahan ajar

3. surat kabar ,dll

 

5. Alternatif Evaluasi Pembelajaran

Penilaian hasil belajar mahasiswa dilakukan dengan mengikuti panduan sebagai berikut:

1. nilai  dari tugas 30%

tugas terbagi dalam dua periode sebelum mid dan setelah mid semester sehingga masing-masing berbobot 15%. Model tugas yang diberikan adalah penerapan praktis atau latihan dari suatu teori yang diberikan, yang dikerjakan baik secara individu ataupun kelompok.

2. Nilai dari mid semester 30%

Berupa ters tertulis yang diberikan pada pertengahan perkuliahan dalam satu semster.

3. Nilai dari UAS/ ujian akhir semester 40%

berupa ters tertulis yang dilaksanakan pada akhir semester.

 

6 Referensi

1. Raymond Murphy, Advanced English Grammar in USe

2. Kathy Cox & David Hill, English for Academic Purposes

3. Michael Duckworth, Grammar and Practice