JURUSAN DAKWAH

STAIN PURWOKERTO

                                                                      

KONTRAK BELAJAR

MATA KULIAH

PSIKOLOGI DAKWAH

KODE MATA KULIAH

DAK.21

SKS

2 SKS

KOORDINATOR MATA KULIAH

ENUNG ASMAYA, MA

DOSEN PENGAMPU

ENUNG ASMAYA, MA

HARI PERTEMUAN/JAM

- /@ 100 menit

 

  1. MANFAAT MATA KULIAH              :

Mata kuliah psikologi dakwah bermanfaat bagi mahasiswa dalam melaksanakan dakwah Islam secara tepat dan cermat. Serta memberi wawasan dan pengalaman psikologis mahasiswa dalam menghadapi kesulitan dakwah Islam di masyarakat.

 

  1. DESKRIPSI PERKULIAHAN              :

Mata Kuliah ini membahas psikologi dakwah dalam berbagai bentuk pelaksanaan dakwah, pendekatan menjadi da’i yang efektif, mempergunakan metode dakwah yang relevan dengan berbagai kondisi mad’u, menetapkan materi dakwah yang sesuai dengan kebutuhan mad’u, cara yang tepat berdakwah melalui media massa, dan pendekatan psikologi dalam mewujudkan dakwah yang rahmatan lil alamin.

 

  1. TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM :

Mahasiswa memahami ajaran Islam secara komprehensif dan utuh. Hasil dari pemahaman tersebut, diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan berdakwah yang efektif dan senantiasa memiliki jiwa-jiwa yang sabar, optimis dan senantiasa cerdas dan cermat dalam menemukan sisi ruang dan peluang dalam melaksanakan dakwah Islam.

 

  1. TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS          :

1)      Mahasiswa memahami konsep-konsep dasar psikologi dakwah

2)      Mahasiswa memahami dasar-dasar dan karakteristik ajaran Islam tentang dakwah

3)      Mahasiswa memahami ajaran Islam yang berkaitan dengan cara-cara melaksanakan dakwah Islam

4)      Mahasiswa mampu mengadakan pendekatan kepada masyarakat dengan ilmu psikologi

5)      Mahasiswa memahami peranan psikologi dakwah sebagai modal dasar dalam pelaksanaan dakwah Islam.

 

  1. STRATEGI PERKULIAHAAN                        :

1)      Pertemuan awal dilakukan kontrak belajar untuk menyepakati rambu-rambu yang harus ditaati.

2)      Kegiatan perkuliahan dilakukan dengan menggunakan pendekatan active learning agar mahasiswa lebih kritis, kreatif dan inovatif dalam mengembangkan materi-materi perkuliahan.

3)      Untuk memperkuat pemahaman mahasiswa tentang materi-materi perkuliahan dipergunakan strategi pembelajaran ceramah, diskusi, elisitasi, resitasi, brainstorming, dan tanya jawab.

 

  1. MATERI/BACAAN PERKULIAHAN          :

1)                                          Kontrak Belajar

2)      Pengertian Psikologi Dakwah, Manfaat Psikologi dalam Dakwah, Urgensi Kajian Psikologi bagi Efektivitas Dakwah, Ilmu Bantu dalam Dakwah dan Ciri-Ciri Dakwah yang Efektif.

3)      Karakteristik Manusia sebagai mad’u dan Faktor Penggerak Tingkah-Lakunya

4)      Interaksi Psikologis Da’i dan Mad’u

5)      Proses Penerimaan Pesan Dakwah; Perhatian, Pemahaman dan Penerimaan

6)                                          Citra Da’i dalam Dakwah

7)                                          Psikologi Pesan dalam Dakwah

8)                                          UTS

9)                                          Efektivitas Rethorika dalam Dakwah

10)                                      Dakwah antar individu

11)                                      Dakwah melalui Media Massa

12)                                      Dakwah kelompok

13)                                      Dakwah bagi Anak, Remaja dan Dewasa

14)                                      Dakwah bagi Masyarakat Kota dan Desa

15)                                      Kecerdasan Intelektual, emosional dan spiritual dalam dakwah

16)                                      UAS

 

 

G. TUGAS                                                      :

a         Membuat Makalah

b        P RESENTASI

 

  1. REFERENSI                                :

a         Dedy Mulyana, Komunikasi Efektif, Bandung: Rosdakarya, 2004

b        Syamsu Yusuf LN, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008

c         Arifin, Psikologi Dakwah Suatu Pengantar Studi, Jakarta: Bumi Aksara, 2002

d        Abdul Rahman Shaleh dan Muhbib Abdul Wahab, Psikologi Suatu Pengantar Bandung: Prenada, 2005

e         Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakir, Nuansa-Nuansa Psikologi Islami, Jakarta: RajaGrafindo, 2001

f          Robert B. Cialdini, Psikologi Persuasif Merekayasa Kepatuhan, Jakarta: Prenada media, 2005

g        Jalaludin Rakhmat, Psikologi Komunikasi, Bandung: Rosdakarya, 1998

h        Rita L. Atkinson, Pengantar Psikologi, Jakarta: Erlangga, 1983

i          Ibnu Katsir, Abu al-Fida Muhammad, al-Bidayah wa Nihayah, Beirut: Maktabah al-Ma’arif, cet II, 1990

j          Brown J.A.C, Techniques of Persuation, London: Penguin Book

k        Faizah dan Lalu Muchsin Effendi, Psikologi Dakwah, Jakarta: Rahmat Semesta, 2006

l          Arifin, Psikologi Dakwah Suatu Pengantar Studi, Jakarta: Bumi Aksara, 2002

m      A. Muis, Komunikasi Islami, Bandung: Rosda, 2001

n        Onong Uchjana Effendi, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1997

  • Deddy Mulyana, Komunikasi Efektif Suatu Pendekatan Lintas Budaya, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004

Purwokerto, 20 Mei 2011

Disiapkan oleh

Penanggung jawab

Mata kuliah

 

 

Enung Asmaya, MA

NIP. 197605082002122004

 Diperiksa oleh

 Ketua Program Studi

 

 

 

Muridan, M.Ag

NIP. 1974071820005011006

   Disahkan oleh

   Ketua Jurusan

 

 

 

Drs. Zaenal Abidin, M.Pd

NIP.195605071982031002