Mata kuliah prodi Ekonomi Islam dengan kode EI

Mata kuliah ini memberikan gambaran terkait dengan studi kelayakan bisnis dilihat dari berbagai macam aspek diantaranya aspek hukum, lingkungan, pasar dan pemasaran, teknis dan teknologi, manajemen dan sumber daya manusia, keuangan sertlaporan dan instrument pengambilan data dalam kelayakan bisnis.

Mata kuliah Manajemen strategik difokuskan kepada konsep strategi dan proses formulasi, formasi,implementasi dan evaluasi strategi. Cakupan pembahasan mata kuliah ini meliputi; penetapan arah atau visi strategik (misi, visi, nilai-nilai dan tujuan), analisis lingkungan eksternal, identifikasi sumberdaya dan kapabilitas internal, pengembangan dan pemilihan strategik baik tingkat korporat,bisnis maupun fungsional, implementasi dan eksekusi strategi; serta evaluasi dan pengendalian strategik. Mahasiswa dikembangkan untuk mempunyai kemampuan berpikir strategik, membuat keputusan strategik dan memandang berbagai isu bisnis dari perspektif perusahaan secara menyeluruh.

Mata kuliah ini mempelajari tentang hakekat auditing, standar audit, laporan audit, etika profesi, kewajiban hukum,  tujuan audit, bahan serta bukti, dan kertas kerja audit

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa melalui latihan praktek akuntansi  keuangan secara manual. Materi dan bahan latihan praktek berupa bukti transaksi dan bukti pendukung, jurnal, akun buku besar yang disusun oleh dosen pengampu. Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa

mempunyai gambaran aktual tentang proses atau siklus akuntansi sejak dari pencatatan bukti transaksi, penjurnalan, pengelolaan buku besar (posting), penyusunan neraca saldo, menyesuaikan catatan akuntansi hingga penyusunan worksheet atau neraca lajur hingga menyajikan laporan keuangan pokok yaitu Laba rugi, Neraca dan Laporan Perubahan Modal.

Mata kuliah ini membahas tentang dasar-dasar penelitian ilmiah. Dalam kajian ini, mata kuliah mengarahkan pada prinsip-prinsip dasar dalam penelitian ilmiah sebagai cara memproduksi pengetahuan yang bisa dipertanggungjawabkan. Etika penelitian ilmiah ditekankan untuk mengatasi problem plagiarisme. Kemudian kajian mata kuliah diarahkan pada kajian mengenai proses dan teknik-teknik penelitian berdasarkan 2 metode utama yaitu kuantitatif dan kualitatif. Dalam perkuliahan ini mahasiswa diberi penugasan untuk menyusun disain penelitian bisnis dan ekonomi yang dikerjakan secara bertahap sesuai materi pembelajaran yang telah diberikan sehingga di akhir perkuliahan diharapkan setiap mahasiswa telah memiliki suatu disain penelitian untuk penulisan skripsinya.

deskripsi mata kuliah

Tujuan pembelajaran pengantar ekonomi mikro dan makro adalah mahasiswa mengetahui konsep dan teori tentang pengertian dan ruang lingkup, konsumsi, produksi, permintaan, dan penawaran. Sedangkan ekonomi makro pembahasannya lebih luas yang meliputi mekanisme pasar, uang, kebijakan moneter, fiskal dan pendapatan nasional.

Metodologi Penelitian Keuangan dan Perbankan