Mata kuliah Prodi BKI dengan kode BKI

Mata kuliah ini membahas tentang bimbingan dan konseling di masyarakat, sehingga dengan mata kuliah ini mahasiswa mampu memahami latar belakang timbulnya profesi bimbingan dan konseling, makna, hakekat dan tujuan serta tipe-tipe konseling, aspek pribadi dan profesinal dalam konseling, Aspek etik dan legal konseling, aspek psikologis dalam konseling, konseling dalam masyarakat multicultural, konseling bagi populasi yang beragam, membangun hubungan konseling, teori konseling, konseling merupakan karir sepanjang hayat, dan spesialisasi dalam konseling. Sehingga nantinya mahasiswa bisa memahami tentang profesi bimbingan dan konseling.

Majunya dan berkembangnya suatu disiplin ilmu salah satunya diukur dari banyaknya publikasi ilmiah yang dihasilkan oleh para pakar pada bidang ilmu tersebut. Mahasiswa program studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam mengambil peran tersebut dengan menghasilkan penelitian dengan menerapkan teori-teori komunikasi interpersonal dan lain-lain. Untuk bisa menghasilkan penelitian yang bagus dan memiliki nilai kontribusi yang signifikan, maka mahasiswa Bimbingan dan Penyuluhan Islam sangat perlu mendapatkan kuliah Statistik Terapan. Dengan mata kuliah ini, mahasiswa akan diberi wawasan mengenai teknik pengolahan dan analisis data penelitian kuantitatif. Selain itu juga melatih keterampilan mengoperasikan perangkat lunak IBM SPSS Statistics untuk keperluan pengolahan dan analisis data tersebut. Mengamati sekian lama kebanyakan penelitian dan skripsi yang ditulis oleh mahasiswa kebanyakan berjenis kualitatif, setelah mengikuti mata kuliah ini, diharapkan lebih banyak mahasiswa yang melakukan penelitian kuantitatif.

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini mempelajari dasar-dasar pengetahuan psikologi dalam perspektif Islam yang meliputi hubungan antara agama Islam dan psikologi, latar belakang munculnya psikologi Islam, hakekat psikologi Islam, sejarah perkembangan aliran psikologi barat, metode pengembangan psikologi Islam, hakekat manusia dalam perspektif Islam, struktur jiwa dan kepribadian,  emosi dan pola berpikir manusia, aplikasi psikologi Islam dan penelitian dalam psikologi Islam.

 

Standar Kompetensi

  1. Mahasiswa mengetahui dan memahami latar belakang dan hakekat psikologi Islam
  2. Mahasiswa memahami perbedaan pandangan antara psikologi barat dan Islam
  3. Mahasiswa memahami aplikasi psikologi Islam dan issu-issu mutakhir penelitian psikologi Islam

 

Kompetensi Dasar

  1. Mahasiswa dapat memahami Mahasiswa mengetahui Pengertian psikologi Islam dan manfat mempelajari psikologi Islam
  2. Mahasiswa dapat memahami Memahami kajian Psikologi Islam
  3. Mahasiswa dapat memahami Memahami Tema-Tema Psikologi Islam
  4. Mahasiswa dapat memahami Memahami esensi Ibadah dan Doa
  5. Mahasiswa dapat memahami Memahami Kemakmuran dan Kebahagiaan
  6. Mahasiswa dapat memahami Memahami Hakekat manusia
  7. Mahasiswa dapat memahami Memahami Perkembangan dan pengembangan kepribadian
  8. Mahasiswa dapat memahami Memahami Tipe Kepribadian dan Struktur Kepribadian
  9. Mahasiswa dapat memahami Memahami Ketangguhan
  10. Mahasiswa dapat memahami Memahami Motivasi Spiritual
  11. Mahasiswa dapat memahami Memahami Gaya Belajar (Learning Style)
  12. Mahasiswa dapat memahami Memahami manusia perspektif para sufi dan filsuf Islam
  13. Mahasiswa dapat memahami Memahami Kesehatan mental dan psikopatologi dalam perspektif Islam serta Stres dalam kajian Psikologi dan Agama

Deskripsi  Mata Kuliah

Psikologi perkembangan deskripsi mata kuliahnya yaitu teori psikologi perkembangan masa hidup manusia, ciri-ciri atau karakteristik sepanjang rentang kehidupan manusia dari prenatal sampai dengan usia lanjut;  tugas perkembangan sepanjang rentang kehidupan manusia dari pranatal sampai usia lanjut; Tahapan perkembangan sepanjang rentang kehidupan manusia dari pranatal sampai usia lanjut; Perkembangan fisik, kognitif dan  sosio emosional masa bayi;  Perkembangan fisik, kognitif dan  sosio emosional masa anak-anak awal,pertengahan dan  akhir ; Perkembangan fisik, kognitif dan  sosio emosional masa remaja;  Perkembangan fisik, kognitif dan  sosio emosional masa dewasa awal, tengah, dan akhir; Perkembangan fisik, kognitif dan  sosio emosional masa lansia; Penyesuaian diri masa pranatal, Penyesuaian diri pada masa anak; Penyesuaian diri pada masa remaja; Penyesuaian diri pada masa dewsa; Penyesuaian diri pada masa lansia;  Pokok-pokok penting psikologi perkembangan masa pranatal; Pokok-pokok penting psikologi perkembangan masa anak; Pokok-pokok penting psikologi perkembangan masa remaja; Pokok-pokok penting psikologi perkembangan masa dewasa; Pokok-pokok penting psikologi perkembangan masa lansia.

Standar Kompetensi

  1. Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang  teori psikologi perkembangan, ciri-ciri atau karakteristik dan tugas perkembangan masa hidup.
  2. Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang  perkembangan fisik, kognitif dan sosioemosial perkembangan masa hidup.
  3. Mahasiswa memiliki pemahaman tentang penyesuaian  diri dan pokok-pokok penting perkembangan masa hidup.
  4. Mahasiswa memiliki kemampuan mengaplikasikan kasus berdasar  psikologi perkembangan  yang telah dipelajari.

 Kompetensi Dasar

    1. Mahasiswa mampu menjelaskan teori, ciri atau karakteristik sepanjang rentang kehidupan manusia.
    2. Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan fisik,  tugas perkembangan dan tahapan perkembangan sepanjang rentang kehidupan manusia.
    3. Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan afektif, kognitif, sosioemosional  masa hidup pranatal.
    4. Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan afektif, kognitif, sosioemosional   masa anak.
    5. Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan afektif, kognitif, sosioemosional, masa remaja.
    6. Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan afektif, kognitif, sosioemosional, masa dewasa.
    7. Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan afektif, kognitif, sosioemosional, masa lansia.
    8. Mahasiswa mampu menjelaskan penyesuaian diri dan pokok-pokok penting masa hidup pranatal.
    9. Mahasiswa mampu menjelaskan penyesuaian diri dan pokok-pokok penting masa anak.
    10. Mahasiswa mampu  menjelaskan penyesuaian diri dan pokok-pokok penting masa remaja.
    11. Mahasiswa mampu menjelaskan penyesuaian diri dan pokok-pokok penting masa dewasa.
    12. Mahasiswa mampu  menjelaskan penyesuaian diri dan pokok-pokok penting masa lansia.

 Daftar Referensi

a.John W Santrock. 2006, Life Span Development, Perkembangan Masa Hidup, Penerbit Erlangga

b.Hurlock E.B., 2007, Developmental Psychology 5th Edition, Penerbit Erlangga

c.Monks, F.J, et all. 2004. Psikologi Perkembangan Pengantar dalam berbagai Bagiannya, Yogyakarta : Gadjah Mada University Press

Deskripsi: Mata kuliah Praktek konseling Individu, sebagai Matakuliah Keahlian bagi mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling Islam, bertujuan untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam melakukan konseling individual. Kegiatan perkuliahan terbagi dalam dua bagian. Bagian pertama berkenaan dengan pemahaman akan berbagai keterampilan dasar konseling individual, sedangkan bagian kedua adalah meliputi kemampuan menerapkan keterampilan tersebut dalam simulasi dan praktek konseling .

STANDAR KOMPETENSI (kompetensi inti)  : Standar Kompetensi yang ingin dicapai dalam matakuliah Mikro Konseling 1 adalah (1) Mahasiswa memahami berbagai keterampilan dasar yang dibutuhkan dalam kegiatan konseling individual, (2) Mahasiswa memiliki karakteristik kepribadian seorang konselor, dan (3) Mahasiswa mampu menerapkan berbagai keterampilan konseling yang telah dipelajari dalam sebuah praktek konseling individual, baik secara tatap muka maupun melalui media tulisan, baik formal maupun informal.   

 

materi dakwah