1. I.                    Deskripsi Mata Kuliah

Perkuliahan ini mengkaji tentang pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam sejak masa Nabi Muhammad sampai saat ini; konsep-konsep dan praktik pendidikan, tradisi-tradisi  pendidikan, ideologi pendidikan Islam.

  1. II.                Kompetensi Mata Kuliah

 

Mahasiswa memiliki kemampuan dan wawasan mengenai perkembangan pendidikan Islam; konsep-konsep dan praktik pendidikan, tradisi-tradisi pendidikan, ideologi pendidikan Islam.

SILABUS

 

I.     Identitas Mata Kuliah

Mata Kuliah  : Evaluasi Pembelajaran

Kode               : TAR. 015

Jurusan          : Tarbiyah

Prodi              : PAI, PBA, KI, PGMI

Program        : S.1

Bobot SKS      : 2 SKS

 

  1. Deskripsi Mata Kuliah

 

Mata kuliah ini sangat membantu mahasiswa sebagai calon pendidik dan calon tenaga kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan dan mengolah evaluasi hasil belajar serta mampu memanfaatkan hasilnya untuk peningkatan pencapaian prestasi belajar siswa dan peningkatan kualitas proses pembelajaran.

 

III.   Tujuan Mata Kuliah

 

  1. Mahasiswa memiliki wawasan tentang kegiatan evaluasi dan pengukuran sebagai suatu kegiatan integral dalam proses pendidikan dan pembelajaran (Kegiatan Belajar Mengajar / KBM).
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan  prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran.
  3. Mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar dalam merencanakan dan melakukan kegiatan evaluasi pembelajaran serta dapat menafsirkan dan memanfaatkan hasilnya dalam konteks pembelajaran.
  4. Mahasiswa dapat melakukan analisis tes dan butir-butir tes prestasi hasil belajar.

 IV.    Topik Perkuliahan

 

  1. Pendahuluan; pengertian, hubungan evaluasi dan pengukuran, tujuan dan fungsi serta kedudukan evaluasi dalam proses pembelajaran.
  2. Objek dan subjek evaluasi.
  3. Prinsip-prinsip dasar evaluasi.
  4. Teknik tes dan non tes dalam evaluasi pembelajaran.
  5. Perancangan Tes
  6. Perancangan Non Tes
  7. Pensekoran dan penilaian
  8. Penilaian acuan patokan (PAP), penilaian acuan norma (PAN) dan penilaian acuan standar (PAS)
  9. Validitas dan Reliabilitas.
  10. Teknik analisis butir  tes

 

V.  Kegiatan Perkuliahan (Pendekatan, Strategi, Metode, Media dll)

 

Secara umum perkuliahan akan menggunakan strategi belajar aktif, di mana mahasiswa dituntut tidak hanya mendengarkan keterangan dari dosen melainkan terlibat secara aktif dalam menelaah isi buku, mempraktekkan berbegai teknik perancangan dan pengolahan evaluasi hasil belajar.

Pada setiap tatap muka perkuliahan, dosen mengawali dengan ceramah ringkas untuk memberikan pengantar dan informasi, mahasiswa  aktif menelaah isi buku secara sendirian / dalam kelompok kecil kemudian dilanjutkan dalam kelompok yang lebih besar, mahasiswa melakukan latihan-latihan, membandingkan hasil latihan dengan mahasiswa lain, klarifikasi dan penjelasan dari dosen.

Di samping perkuliahan mahasiswa diberi tugas berupa membuat seperangkat soal untuk mengukur prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran sesuai dengan kompetensi program studi. Prodi PAI untuk mata pelajaran PAI di SD s/d SLTA, prodi PBA untuk mata pelajaran Bahasa Arab di MI s/d MA, prodi PGMI untuk seluruh mata pelajaran di MI, dst.

 

VI.    Media

 

Media pembelajaran yang dipilih disesuaikan dengan tujuan, materi, mahasiswa serta ketersediaan media. Antara lain: papan tulis, kertas plano, OHP, LCD serta lembar-lembar kerja dan beberapa foto-copy materi pilihan

 

VII. Evaluasi

 

Penilaian hasil belajar akhir  mahasiswa meliputi  aspek penilaian: tugas-tugas (30 %),  ujian tengah semester (20 %),  ujian akhir semester (50 %).

 

  1. VIII.        Referensi.

Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan

Dali S Naga, Pengantar Teori Sekor pada Pengukuran Pendidikan

Fernandes, Testing and Measurement

Gary Groth-Marnat, Handbook of Psychological Assessment, penerjemah; Helly Prajitno Soetjipto dan Siti Mulyantini Soetjipto, Yogayakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Marvin E. Shaw & Jack M Wright, Scales for the measurement of attitudes, Mc.Graw-Hill, Inc, 1967.

M. Chabib Thoha, Teknik Evaluasi Pendidikan.

Michael Quinn Patton, Metode Evaluasi Kualitatif, penerjemah Budi Puspo Priyadi, Yogayakarta, Pustaka Pelajar, 2006

M Ngalim Purwanto, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.

Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.

___________, Penelitian dan Penilaian Pendidikan.

Saifuddin Azwar, Tes Prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar.

Saifuddin Azwar, Reliabilitas dan Validitas.

S. Eko Putro Widoyoko, Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012

Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.

Sukardi, Evaluasi Pendidikan: Prinsip & Operasionalnya, Jakarta: Bumi Aksara, 2008

Sulistiorini, Evaluasi Pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan, Yogyakarta: Teras, 2009

Sumadi Suryabrata, Pengembangan Tes Hasil Belajar.

Wayan Nurkencana, Evaluasi Pendidikan

William A Mehrens and Irvin J Lehmann, Measurement and Evaluation in education and psychology.

Zainal Arifin, Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, teknik, prosedur, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011