FORMULIR

No Dokumen

:

IAIN-Pwt/LPM/F/05.47

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

FAKULTAS SYARI’AH

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PURWOKERTO

Alamat: Jl. A. Yani No. 40A, Telp. (0281) 635624 Purwokerto 53126

Tanggal Terbit

:

12 Februari 2018

No. Revisi

:

00

 

Mata Kuliah

Kode

Rumpun MK

Bobot SKS

Jurusan / Semester

Tgl Penyusunan

 

FIKIH JINAYAH

SYA 018

MK KE-SYARI’AH-AN

2

Semua Prodi

12 Februari 2018

OTORISASI

Dosen Pengembang RPS

Koordinator RMK

Ketua Prodi

 

 

 

 

Muhammad Fuad Zain, S.H.I., M.Sy.

     

 

 

 

 

Bani Syarif Maula, M.Ag., LL.M.

 

 

 

 

 

Hariyanto, S.H.I., M.Hum.

 

 

 

Capaian Pembelajaran (CP)

CP Prodi

 

  1. Mahasiswa mampu memahami tujuan dari pidana Islam
  2. Mahasiswa mampu memahami perbedaan antara pidana positif dengan pidana Islam

CP Mata Kuliah

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan fikih jinayah
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang hudud, Qishash, Diyat dan Ta’zir
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan HAM Universal dan Islamic Human Right

Deskripsi Mata Kuliah

Fikih Jinayah atau pidana Islam adalah mata kuliah ke-Syari’ahan yang membahasa masalah 7 macam hudud yang harus ditegakkan sebagaimana perintah Al-Qur’an dan Hadis. Adapaun selain masalah 7 hudud, Islam justru lebih teleran jika dibandingkan dengan hukum positif. Dengan adanya mata kuliah ini mahasiswa mampu menganalisis karakter dari hukum pidana Islam, dan mengetahui perbandingan dengan hukum positif.   

Materi Pembelajaran

  1. Pengantar Fikih Jinayah
  2. Pengertian Jinayah; Unsur, Rukun dan Hubungan antara Perintah dalam Larangan dalam Al-Qur’an dan Hadis
  3. Asas Legalitas hukum pidana Islam
  4. Turut berbuat jarimah
  5. Hukuman dalam Pidana Islam
  6. Hudud : Jarimah Zina dan Qadhaf
  7. Hudud : Jarimah Sariqah dan Hirabah
  8. Hudud : Syurb al-Khamr
  9. Hudud : Murtad dan Al-Baghy
  10. Jarimah al-Qathl , Qishash dan Diyat
  11. Jarimah Ta’zir
  12. Pidana Islam dan Pidana Positif
  13. HAM dalam Pidana Islam
  14. Antara Jihad dan Terorisme dalam Islam

Pustaka

Utama :

  1. Abd. al-Qadir Audah, al-Tasyri’ al-Jina’I al-Islami, (Beirut: Dar al-Muassasah, 1987).
  2. Abd. al-Rahman al-Jaziri, al-Fiqh ala al-Madzahib al-arba’ah, (Beirut: Dar al-Fikr, tt).
  3. Muhammad Abu Zahrah, al-Jarimah wa al-Uqubah fi al-Fiqh al-Islami, (Kairo: Dar al-Fikr al-Arabi, 1974).
  4. Muhammad Ibn Ahmad al-Sarakhsi, al-Mabsut, (Mesir: Mathba’ah al-Sa’adah, tt).
  5. A. Hanafi, Asas-asas Hukum Pidana Islam, (Jakarta: Bulan Bintang, 1985).
  6. A. Djazuli, Fiqh Jinayah: Upaya Menanggulangi Kejahatan dalam Islam, (Jakarta: Rajawali Press, 1997).
  7. Rachmat el-Hakim, Fiqh Jinayah, (Bandung: Pustaka Setia, 2001).
  8.  

Pendukung :

  1. Topo Santoso, Menggagas Hukum Pidana Islam: Penerapan Syari’at Islam dalam Konteks Modernitas, (Bandung: Asy-Syamil Press, 2001).
  2. M. Amin Suma, dkk, Hukum Pidana Islam di Indonesia: Peluang, Prospek dan Tangtangannya, (Jakarta: Pustaka Firdaus, 2001).

Media Pembelajaran

Perangkat Lunak:  E-Learning

Perangkat Keras :  LCD, Proyektor, Whiteboard

Team Teaching

Muhammad Fuad Zain, S.H.I., M.Sy. dan Bani Syarif Maula, M.Ag. LL.M.

Mata Kuliah syarat

-        

 

 

 

 

Minggu

Ke

Kemampuan Akhir yang Direncanakan

(Sub CP MK)

Bahan Kajian (Materi Pembelajaran)

Bentuk dan Metode Pembelajaran

Waktu

Pengalaman Pembelajaran

Kriteria & Bentuk Penilaian

Indikator Penilaian

Bobot Penilaian (%)

1

2

3

4

5

6

7

8

9

1

Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian dan Istilah-istilah dalam Fikih Jinayah

Pengantar Fikih Jinayah

 

Ceramah, Diskusi

TM: 100 menit

 

Tugas: 120 menit

 

Kegiatan mandiri: 120 menit

  • Mahasiswa mengikuti perkuliahan ilmu kalam
  • Mahasiswa mengklarifikasi dan dosen mengvaliditasi selama proses pembelajaran

Kejelasan,

Ketepatan,

Kedisiplinan

 

Non Tes:

-Presentasi,

-Komentar

-Resume

Ketepatan dalam menjelaskan

 

 

Ketepatan dalam memahami teori

5%

2

Mahasiswa mampu menganalisis rukun terjadinya tindak pidana (jarimah)

Pengertian Jinayah; Unsur, Rukun dan Hubungan antara Perintah dalam Larangan dalam Al-Qur’an dan Hadis

-Presentasi

-Diskusi

-Elaborasi

TM: 100 menit

 

Tugas: 120 menit

 

Kegiatan mandiri: 120 menit

  • Mahasiswa mempresntasi tema terkait
  • Mahasiswa mendiskusikan tema terkait
  • Mahasiswa menyimpulkan hal-hal terkait tema
  • mahasiswa meresume tema terkait

Kejelasan,

Ketepatan,

Kedisiplinan

 

Non Tes:

-Presentasi,

-Komentar

-Resume

Ketepatan dalam menjelaskan

 

 

Ketepatan dalam memahami teori

10 %

3

Mahasiswa mampu menyebutkan asas-asas legalitas pidana Islam dari Al-Qur’an dan Hadis

Asas Legalitas hukum pidana Islam

-Presentasi

-Diskusi

-Elaborasi

TM: 100 menit

 

Tugas: 120 menit

 

Kegiatan mandiri: 120 menit

  • Mahasiswa mempresntasi tema terkait
  • Mahasiswa mendiskusikan tema terkait
  • Mahasiswa menyimpulkan hal-hal terkait tema
  • mahasiswa meresume tema terkait

Kejelasan,

Ketepatan,

Kedisiplinan

 

Non Tes:

-Presentasi,

-Komentar

-Resume

Ketepatan dalam menjelaskan

 

 

Ketepatan dalam memahami teori

5 %

4

Mahasiswa mampu menjelaskan itrikab mubasyir dan irtikab mutasabbib

Turut berbuat jarimah

-Presentasi

-Diskusi

-Elaborasi

TM: 100 menit

 

Tugas: 120 menit

 

Kegiatan mandiri: 120 menit

  • Mahasiswa mempresntasi tema terkait
  • Mahasiswa mendiskusikan tema terkait
  • Mahasiswa menyimpulkan hal-hal terkait tema
  • mahasiswa meresume tema terkait

Kejelasan,

Ketepatan,

Kedisiplinan

 

Non Tes:

-Presentasi,

-Komentar

-Resume

Ketepatan dalam menjelaskan

 

 

Ketepatan dalam memahami teori

5 %

5

mahasiswa mampu mendiskripsikan beberapa macam bentuk uqubat dalam pidana Islam

Hukuman dalam Pidana Islam

-Presentasi

-Diskusi

-Elaborasi

TM: 100 menit

 

Tugas: 120 menit

 

Kegiatan mandiri: 120 menit

  • Mahasiswa mempresntasi tema terkait
  • Mahasiswa mendiskusikan tema terkait
  • Mahasiswa menyimpulkan hal-hal terkait tema
  • mahasiswa meresume tema terkait

Kejelasan,

Ketepatan,

Kedisiplinan

 

Non Tes:

-Presentasi,

-Komentar

-Resume

Ketepatan dalam menjelaskan

 

 

Ketepatan dalam memahami teori

10 %

6

Mahasiswa mampu menjelaskan hudud jarimah zina dan qadhaf

Hudud : Jarimah Zina dan Qadhaf

-Presentasi

-Diskusi

-Elaborasi

TM: 100 menit

 

Tugas: 120 menit

 

Kegiatan mandiri: 120 menit

  • Mahasiswa mempresntasi tema terkait
  • Mahasiswa mendiskusikan tema terkait
  • Mahasiswa menyimpulkan hal-hal terkait tema
  • mahasiswa meresume tema terkait

Kejelasan,

Ketepatan,

Kedisiplinan

 

Non Tes:

-Presentasi,

-Komentar

-Resume

Ketepatan dalam menjelaskan

 

 

Ketepatan dalam memahami teori

10 %

7

Mahasiswa mampu menjelaskan hudud sirqah dan hirabah

Hudud : Jarimah Sariqah dan Hirabah

-Presentasi

-Diskusi

-Elaborasi

TM: 100 menit

 

Tugas: 120 menit

 

Kegiatan mandiri: 120 menit

  • Mahasiswa mempresntasi tema terkait
  • Mahasiswa mendiskusikan tema terkait
  • Mahasiswa menyimpulkan hal-hal terkait tema
  • mahasiswa meresume tema terkait

Kejelasan,

Ketepatan,

Kedisiplinan

 

Non Tes:

-Presentasi,

-Komentar

-Resume

Ketepatan dalam menjelaskan

 

 

Ketepatan dalam memahami teori

15 %

8

mahasiswa mampu menjelaskan hudud syurb al-khamr

Hudud : Syurb al-Khamr

-Presentasi

-Diskusi

-Elaborasi

TM: 100 menit

 

Tugas: 120 menit

 

Kegiatan mandiri: 120 menit

  • Mahasiswa mempresntasi tema terkait
  • Mahasiswa mendiskusikan tema terkait
  • Mahasiswa menyimpulkan hal-hal terkait tema
  • mahasiswa meresume tema terkait

Kejelasan,

Ketepatan,

Kedisiplinan

 

Non Tes:

-Presentasi,

-Komentar

-Resume

Ketepatan dalam menjelaskan

 

 

Ketepatan dalam memahami teori

10 %

9

Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengidentifikasi tentang Hudud murtad dan al-Baghy

Hudud : Murtad dan Al-Baghy

-Presentasi

-Diskusi

-Elaborasi

TM: 100 menit

 

Tugas: 120 menit

 

Kegiatan mandiri: 120 menit

  • Mahasiswa mempresntasi tema terkait
  • Mahasiswa mendiskusikan tema terkait
  • Mahasiswa menyimpulkan hal-hal terkait tema
  • mahasiswa meresume tema terkait

Kejelasan,

Ketepatan,

Kedisiplinan

 

Non Tes:

-Presentasi,

-Komentar

-Resume

Ketepatan dalam menjelaskan

 

 

Ketepatan dalam memahami teori

10 %

10

Mahasiswa mampu menjelaskan jarimah al-Qathl, Qishash dan diyat

Jarimah al-Qathl , Qishash dan Diyat

-Presentasi

-Diskusi

-Elaborasi

TM: 100 menit

 

Tugas: 120 menit

 

Kegiatan mandiri: 120 menit

  • Mahasiswa mempresntasi tema terkait
  • Mahasiswa mendiskusikan tema terkait
  • Mahasiswa menyimpulkan hal-hal terkait tema
  • mahasiswa meresume tema terkait

Kejelasan,

Ketepatan,

Kedisiplinan

 

Non Tes:

-Presentasi,

-Komentar

-Resume

Ketepatan dalam menjelaskan

 

 

Ketepatan dalam memahami teori

5 %

11

Mahasiswa mampu menjelaskan Jarimah ta’zir

Jarimah Ta’zir

-Presentasi

-Diskusi

-Elaborasi

TM: 100 menit

 

Tugas: 120 menit

 

Kegiatan mandiri: 120 menit

  • Mahasiswa mempresntasi tema terkait
  • Mahasiswa mendiskusikan tema terkait
  • Mahasiswa menyimpulkan hal-hal terkait tema
  • mahasiswa meresume tema terkait

Kejelasan,

Ketepatan,

Kedisiplinan

 

Non Tes:

-Presentasi,

-Komentar

-Resume

Ketepatan dalam menjelaskan

 

 

Ketepatan dalam memahami teori

5 %

12

Mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan pidana Islam dengan Pidana Positif dari segi subtansi maupun uqubahnya

Pidana Islam dan Pidana Positif

-Presentasi

-Diskusi

-Elaborasi

TM: 100 menit

 

Tugas: 120 menit

 

Kegiatan mandiri: 120 menit

  • Mahasiswa mempresntasi tema terkait
  • Mahasiswa mendiskusikan tema terkait
  • Mahasiswa menyimpulkan hal-hal terkait tema
  • mahasiswa meresume tema terkait

Kejelasan,

Ketepatan,

Kedisiplinan

 

Non Tes:

-Presentasi,

-Komentar

-Resume

Ketepatan dalam menjelaskan

 

 

Ketepatan dalam memahami teori

5 %

13

Mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan HAM dalam Islam dan HAM dunia (DUHAM)

HAM dalam Pidana Islam

-Presentasi

-Diskusi

-Elaborasi

TM: 100 menit

 

Tugas: 120 menit

 

Kegiatan mandiri: 120 menit

  • Mahasiswa mempresntasi tema terkait
  • Mahasiswa mendiskusikan tema terkait
  • Mahasiswa menyimpulkan hal-hal terkait tema
  • mahasiswa meresume tema terkait

Kejelasan,

Ketepatan,

Kedisiplinan

 

Non Tes:

-Presentasi,

-Komentar

-Resume

Ketepatan dalam menjelaskan

 

 

Ketepatan dalam memahami teori

5 %

14

Mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan antara Jihad dengan terorisme.

Antara Jihad dan Terorisme dalam Islam

-Presentasi

-Diskusi

-Elaborasi

TM: 100 menit

 

Tugas: 120 menit

 

Kegiatan mandiri: 120 menit

  • Mahasiswa mempresntasi tema terkait
  • Mahasiswa mendiskusikan tema terkait
  • Mahasiswa menyimpulkan hal-hal terkait tema
  • mahasiswa meresume tema terkait

Kejelasan,

Ketepatan,

Kedisiplinan

 

Non Tes:

-Presentasi,

-Komentar

-Resume

Ketepatan dalam menjelaskan

 

 

Ketepatan dalam memahami teori

5 %

Mata kuliah ini membahas pemikiran politik Islam di masa modern dan kontemporer. Pembahasan matakuliah ini diarahkan pada aspek perdebatan tentang hubungan Islam dan Negara, Islam dan demokrasi, serta contoh-contohnya di negara-negara Islam modern, agar mahasiswa dapat memahami keragaman pemikiran politik Islam di masyarakat Muslim dan prakteknya di negara-negara Islam modern.

Mata kuliah Ilmu Perundang-undangan merupakan mata kuliah wajib dan merupakan mata kuliah kemahiran bagi mahasiswa Program Sarjana pada Program Studi Hukum Tata Negara Fakultas Syari’ah. Secara umum materi perkuliahan ini akan memberikan gambaran tentang bagaimana proses dan tahapan penyusunan peraturan perundang-undangan, teknik penyusunan, asas -asas yang harus diperhatikan dalam penyusunan dan lembaga-lembaga yang terkait dengan penyusunan peraturan perundang-undangan, termasuk juga herarki peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Indonesia.

Mata Kuliah ini bentuk-bentuk negara: federal, kesatruan dan lain-lain

mata kuliah ini memuat materi tentang sejarah dan perkembangan hukum positif di 

Mata kuliah Hukum Konstitusi merupakan materi dasar mengenai perihal konstelasi konstitusi sebagai “rule of game” – dasar pedoman berjalannya sebuah negara dan pemerintahan. Konstitusi sebagai kristalisasi nilai-nilai sosial, politik, ekonomi, budaya, dan hukum sebuah bangsa menjadi sebuah keniscayaan dalam mendalami kajian kenegaraan.


Bahasan materi perkuliahan ini meliputi pengertian dasar konstitusi, faham dan doktrin perihal konstitusi, cita hukum dan konstitusi, teori konstitusi, klasifikasi konstitusi, materi muatan konstitusi, serta eksistensi konstitusi dalam sebuah negara modern. Melalui pemahaman terhadap Mata Kuliah Hukum Konstitusi ini, mahasiswa diharapkan memahami pengetahuan tentang dasar-dasar pemikiran konstitusi dan Hukum Konstitusi, norma dasar konstitusi, eksistensi konstitusi, teori konstitusi, klasifikasi konstitusi, dan eksistensi konstitusi dalam negara hukum Indonesia, serta mampu menganalisa persoalan-persoalan hukum konstitusi dalam praktek politik kenegaraan.

Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman yang komperhensif kepada mahasiswa tentang berbagai pandangan besar dan berbagai praktek hukum tata negara di negara-negara yang berlandaskan Islam atau mayoritas Muslim di dunia, pada masa lalu dan era kekinian, dengan kontekstualisasinya, dengan cara pandang (framework) Islam yang baik, benar, adil, dan progresif.