Mata kuliah Ilmu Perundang-undangan merupakan mata kuliah wajib dan merupakan mata kuliah kemahiran bagi mahasiswa Program Sarjana pada Program Studi Hukum Tata Negara Fakultas Syari’ah. Secara umum materi perkuliahan ini akan memberikan gambaran tentang bagaimana proses dan tahapan penyusunan peraturan perundang-undangan, teknik penyusunan, asas -asas yang harus diperhatikan dalam penyusunan dan lembaga-lembaga yang terkait dengan penyusunan peraturan perundang-undangan, termasuk juga herarki peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Indonesia.

Mata Kuliah ini bentuk-bentuk negara: federal, kesatruan dan lain-lain

mata kuliah ini memuat materi tentang sejarah dan perkembangan hukum positif di 

Mata kuliah Hukum Konstitusi merupakan materi dasar mengenai perihal konstelasi konstitusi sebagai “rule of game” – dasar pedoman berjalannya sebuah negara dan pemerintahan. Konstitusi sebagai kristalisasi nilai-nilai sosial, politik, ekonomi, budaya, dan hukum sebuah bangsa menjadi sebuah keniscayaan dalam mendalami kajian kenegaraan.


Bahasan materi perkuliahan ini meliputi pengertian dasar konstitusi, faham dan doktrin perihal konstitusi, cita hukum dan konstitusi, teori konstitusi, klasifikasi konstitusi, materi muatan konstitusi, serta eksistensi konstitusi dalam sebuah negara modern. Melalui pemahaman terhadap Mata Kuliah Hukum Konstitusi ini, mahasiswa diharapkan memahami pengetahuan tentang dasar-dasar pemikiran konstitusi dan Hukum Konstitusi, norma dasar konstitusi, eksistensi konstitusi, teori konstitusi, klasifikasi konstitusi, dan eksistensi konstitusi dalam negara hukum Indonesia, serta mampu menganalisa persoalan-persoalan hukum konstitusi dalam praktek politik kenegaraan.

Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman yang komperhensif kepada mahasiswa tentang berbagai pandangan besar dan berbagai praktek hukum tata negara di negara-negara yang berlandaskan Islam atau mayoritas Muslim di dunia, pada masa lalu dan era kekinian, dengan kontekstualisasinya, dengan cara pandang (framework) Islam yang baik, benar, adil, dan progresif.