Mata kuliah ini menjelaskan tentang hukum pidana Islam mulai dari hukum pembunuhan, pencurian, perzinaan, qadzaf (menuduh zina), perampokan, pemberontakan dan murtad.
- Teacher: mughni labib
Kepada Mahasiswa Perbandingan Mazhab, silahkan download SAP, SIlabus Ulumul Qur'an
SILABUS MATA KULIAH
- I. Identitas Mata Kuliah
Mata Kuliah : Ulumul Qur’an
Kode Mata Kuliah : INS. 005
Fakultas/ Program Studi : Syari’ah/ Perbandingan Mazhab (PM) Program : S1
Bobot : 2 Sks
- II. Deskripsi Mata Kuliah
Ulumul Qur’an merupakan ilmu untuk mengkaji Alquran, baik yang terkait dengan pengenalan terhadap aspek intrinsik kitab suci itu maupun ekstrinsik berikut cara atau metode untuk memahaminya. Dua hal yang sangat urgen itulah yang menjadi Ulumul Qur’an mendapatkan perhatian serius dari umat Islam, bahkan non muslim. Mata kuliah Ulumul Qur’an penting diberikan kepada mahasiswa IAIN Purwokerto sebagai bekal untuk mengenal, memahami dan mengamalkan isinya secara tepat dan benar. Sehingga terhindar dari pemahaman yang keliru dan pengaplikasian yang salah. Ilmu ini juga digunakan sebagai metode dalam upaya menjawab masalah-masalah kontemporer terkait dengan pemahaman terhadap Alquran.
III. Tolak Ukur Indikator Kompetensi (Target Hasil Belajar)
- Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang aspek intrinsic dan ekstrinsik dari Alquran;
- Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang berbagai metode memahami Alquran;
- Mahasiswa memiliki kemampuan mengaplikasikan metode memahami Alquran dalam menjawab problematika yang berkembang dalam masyarakat.
- Pengantar (Sejarah dan Obyek Kajian Ulumul Qur’an)
- Pengertian Ulumul Qur’an.
- Objek kajiannya dan tujuan mempelajarinya
- Sejarah perkembangan Ulumul Qur’an.
- Alquran dan Wahyu.
- Pengertian Alquran dan wahyu
- Nama-nama al-Quran dan alasan penamaannya.
- Fungsi dan kedudukan Alquran.
- Garis besar isi kandungan Alquran.
- Nuzulul Qur’an (Proses pewahyuan Alquran).
- Makna nuzulul Qur,an
- Proses turunnya al-Quran
- Hikmah diturunkan al-Quran secara berangsur-angsur.
- Korelasi antara turunnya Alquran dengan perbaikan status dan kedudukan perempuan.
- Pemeliharaan Alquran.
- Tradisi tulis menulis pada masa Rasul Saw.
- Pemeliharaan Alquran pada masa Nabi Saw,
- Pemeliharaan Alquran pada masa Abu Bakar dan Umar bin Khottob R.A.
- Pemeliharaan Al-Quran pada masa Usman Bin Affan R.A.
- Penyempurnaan muskhaf Alquran pasca Usman R.A.
- Upaya Pemeliharaan Al-Quran pada masa modern.
- Asbab an-Nuzul (Sebab-sebab turunnya Alquran)
- Definisi Asbab an-Nuzul dan cara mengetahuinya.
- Urgensi mengetahui Asbab an-Nuzul dan contohnya
- Makkiyyah dan Madaniyyah
- Definisi Makkiyyah dan Madaniyyah.
- Metode menentukan Makkiyyah dan Madaniyyah dan cirri-cirinya.
- Urgensi mengetahui Makkiyyah dan Madaniyyah.
- Munasabah
- Definisi Munasabah
- Macam-macam Munasabah
- Urgensi mempelajari Munasabah
- I’jaz Alquran
- Definisi I’jaz Alquran.
- Bukti historis kegagalan menandingi Alquran.
- Aspek-aspek I’jaz Alquran.
- Qira’at Alquran
- Definisi Qira’at Alquran.
- Latar belakang timbulnya perbedaan Qira’at Alquran
- Perbedaan qira’at dan pengaruhnya terhadap hukum Islam
- Rasm Usmani
- Pengertian Rasm Usmani
- Pendapat para ulama tentang Rasm Usmani
- Hubungan Rasm Usmani dengan pemahaman Alquran
- Terjemah, Tafsir dan ta’wil
- Pengertian Terjemah, Tafsir dan Takwil
- Perbedaan dan persamaan antara Terjemah, Tafsir dan Takwil.
- Ragam metode dan corak penafsiran Alquran
- Tafsir ditinjau dari segi sumbernya
- Tafsir ditinjau dari segi metodologinya
- Tafsir ditinjau dari segi coraknya
- Pendekatan:
IV. Topik Inti Materi Pembelajaran
V. Kegiatan Perkuliahan
Untuk meningkatkan aktivitas dan efektifitas perkuliahan digunakan pendekatan: berpusat pada mahasiswa, pendekatan tematik, dan pendekatan ketrampilan proses,
- Strategi:
Perkuliahan menggunakan strategi : inquiry, berbasis masalah, kontekstual, peningkatan kemampuan berpikir, kooperatif, dan aktif learning,
- Metode:
Perkuliahan menerapkan metode : interactive lecturing , pemberian tugas, presentasi makalah, diskusi dan tanya jawab, kerja kelompok. Dikombinasikan
dengan strategi aktif learning : brain storming, every one is a teacher here, information search, the power of two, point counter point.
VI. Penilaian
Penilaian dilakukan dalam bentuk : portofolio, tugas makalah, presentasi makalah, tes tulis tengah semester dan tes tulis akhir semester.
Tugas / Praktik/ Makalah : |
15% |
Tes UTS : |
30% |
Tes UAS : |
35% |
Kehadiran & Partisipasi : |
20% |
|
100% |
VII. Referensi
- Abdul Jamil, Ulumul Qur’an, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2000
- Al-Suyuti, Al-Itqan fi ‘Ulumil Qur’an, Beirut: Dar al-Kitab al-Jadid, 1965
- Al-Zarqani, Manahil al-‘Irfan fi Ulumil Qur’an, Mesir: Dar al-Ma’arif, 1971
- Al-Zahabi, at-Tafsir a al-Mufassirun, Mesir: Dar al-Ma’arif, 1971
- Manna’ Khalil Qotton, Mabahis fi Ulumul Qur’an, Mesir: Dar al-Ma’arif, 1971
- Muhammad Quroish Shihab, Tafsir al-Misbah, Jakarta: Yyasan Lentera Hati, 2000
- Subhi Salih, Mabahis fi Ulumil Qur’an, Ttp. : Maktabah ad-Da’wah al- Islamiyyah, t.t.
- Taufiq Adnan Amal, Rekonstruksi Sejarah Alquran, Yogyakarta: Dana Bakti Wakaf, 1995
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Mata Kuliah : ULUMUL QUR’AN
Jurusan/Prodi : Syari’ah/ Perbandingan Mazhab Bobot : 2 SKS
Jenis Kompetensi : Matakuliah Dasar
Standar Kompetensi : Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan dan menggunakan berbagai pokok bahasan Ulumul Qur'an sebagai salah satu ilmu bantu untuk dapat memahami kandungan Alqur’an.
No |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi |
Metode |
Waktu |
Referensi |
1. |
Mahasiswa mampu memahami ruang lingkup mata kuliah Ulumul Qur’an |
Mahasiswa mampu:
|
ü Brainstorming; ü Information search; ü The two power of two; ü Billboard ranking; ü Sharing togather. |
100 menit |
Ulumul Qur’an
`terj. M. Qodirun Nur
|
|
2. |
Mahasiswa mampu memahami dan mengamalkan kandungan Alqur’an |
Mahasiswa mampu: a. Memahami makna Alqur’an sebagai kitab suci dan wahyu |
|
ü Information search; ü The two power of two; |
100 menit |
Ulumul Qur’an
|
|
|
Alqur’an |
alasan penamaannya.
|
ü Billboard ranking; ü Sharing togather. |
|
`terj. M. Qodirun Nur
|
3. |
Mahasiswa memiliki pemahaman dan pengetahuan tentang nuruzul qur’an |
Mahasiswa mampu:
|
ü Information search; ü The two power of two; ü Billboard ranking; ü Sharing togather |
100 menit |
Ulumul Qur’an
`terj. M. Qodirun Nur
fi 'Ulum Alqur’an |
|
4. |
Mahasiswa memiliki pemahaman secara konseptual tentang tradisi menulis Alqur’an dan pemeliharaannya sampai abad modern |
Mahasiswa mampu: a. Menggambarkan alur tradisi menulis mulai zaman Rasulullah SAW hingga zaman |
|
ü Information search; ü The two power of two; ü Billboard ranking; |
100 menit |
Ulumul Qur’an
Studi Ilmu-ilmu |
|
|
Ustman Bin Affan R.A. b. Mengambil pelajaran tentang perintah penulisan mushaf dan pelarangan penulisan hadis |
|
ü Sharing togather |
|
Alqur’an,terj. Mudzakir AS,
`terj. M. Qodirun Nur
|
5. |
Mahasiswa memiliki pemahaman tentang Asbab an-Nuzul dan urgensinya |
Mahasiswa mampu:
Nuzul
|
ü Information search; ü The two power of two; ü Billboard ranking; ü Sharing togather |
100 menit |
Ulumul Qur’an
`terj. M. Qodirun Nur |
|
|
|
|
|
|
5. Subhi Shaleh, Mabahits fi 'Ulum Alqur’an |
6. |
Mahasiswa mampu membedakan antara ayat makiyyah dan madaniyyah |
Mahasiswa mampu:
|
menentukan Makkiyyah dan Madaniyyah dan ciri-cirinya. |
ü Information search; ü The two power of two; ü Billboard ranking; ü Sharing togather |
100 menit |
Ulumul Qur’an
`terj. M. Qodirun Nur
fi 'Ulum Alqur’an |
7. |
Mahasiswa memiliki pemahaman tentang munasabah ayah dalam Alqur’an |
Mahasiswa mampu:
|
ü Information search; ü The two power of two; ü Billboard ranking; ü Sharing togather |
100 menit |
Ulumul Qur’an
`terj. M. Qodirun Nur
fi 'Ulum Alqur’an |
|
U T S |
8. |
Mahasiswa memiliki pemahaman tentang I’jaz dan aspek-aseknya |
Mahasiswa mampu:
|
ü Information search; ü The two power of two; ü Billboard ranking; ü Sharing togather |
100 menit |
Ulumul Qur’an
`terj. M. Qodirun Nur
fi 'Ulum Alqur’an |
|
9. |
Mahasiswa memiliki pemahaman tentang |
Mahasiswa mampu:
|
ü Information search; ü The two power of two; ü Billboard ranking; ü Sharing togather |
100 menit |
Ulumul Qur’an
`terj. M. Qodirun Nur
fi 'Ulum Alqur’an |
|
10. |
Mahasiswa memiliki pemahaman tentang penulisan Alqur’an |
Mahasiswa mampu: |
c. Pengertian Rasm Usmani |
ü Information search; |
100 menit |
1. Abdul Djalal H.A, Ulumul Qur’an |
|
dengan kaidah rasm Utsmani |
|
d. Pendapat para ulama tentang Rasm Usmani |
ü The two power of two; ü Billboard ranking; ü Sharing togather |
|
`terj. M. Qodirun Nur
fi 'Ulum Alqur’an |
11. |
Mahasiswa memiliki pemahaman tentang makna terjemah, tafsir dan takwil |
Mahasiswa mampu:
|
ü Information search; ü The two power of two; ü Billboard ranking; ü Sharing togather |
200 menit |
Ulumul Qur’an
`terj. M. Qodirun Nur
fi 'Ulum Alqur’an |
|
12. |
Mahasiswa memiliki pemahaman tentang macam-macam corak ilmu tafsir dan contohnya |
Mahasiswa mampu: a. Menjelaskan tafsir dari segi sumbernya |
dari segi |
ü Information search; ü The two power of two; |
200 menit |
Ulumul Qur’an
|
|
|
b. Menjelaskan tafsir dari segi metodologinya |
metodologi dan coraknya |
ü Billboard ranking; Sharing togather |
|
`terj. M. Qodirun Nur
fi 'Ulum Alqur’an |
U A S |
Disusun oleh: |
Diperiksa oleh: |
Disahkan oleh: |
Dosen Pengampu:
Muhammad Fuad Zain, S.H.I., M.Sy. |
Penanggungjawab Keilmuan:
Dr. H. Naqiyah, M.Ag. NIP. 19630922 199002 2 001 |
Kajur Ilmu-Ilmu Syari’ah
Dr. Achmad Siddiq, M.H.I., M.H. NIP. 19750720 200501 1 003 |
- Teacher: fuad zain