Kepada Mahasiswa Perbandingan Mazhab, silahkan download SAP, SIlabus Ulumul Qur'an

SILABUS MATA KULIAH

 

  1. I.         Identitas Mata Kuliah

Mata Kuliah                                 : Ulumul Qur’an

Kode Mata Kuliah                        : INS. 005

Fakultas/ Program Studi              : Syari’ah/ Perbandingan Mazhab (PM) Program       : S1

Bobot                                           : 2 Sks

 

  1. II.     Deskripsi Mata Kuliah

 

Ulumul Qur’an merupakan ilmu untuk mengkaji Alquran, baik yang terkait dengan pengenalan terhadap aspek intrinsik kitab suci itu maupun ekstrinsik berikut cara atau metode untuk memahaminya. Dua hal yang sangat urgen itulah yang menjadi Ulumul Qur’an mendapatkan perhatian serius dari umat Islam, bahkan non muslim. Mata kuliah Ulumul Qur’an penting diberikan kepada mahasiswa IAIN Purwokerto sebagai bekal untuk mengenal, memahami dan mengamalkan isinya secara tepat dan benar. Sehingga terhindar dari pemahaman yang keliru dan pengaplikasian yang salah. Ilmu ini juga digunakan sebagai metode dalam upaya menjawab masalah-masalah kontemporer terkait dengan pemahaman terhadap Alquran.

III.   Tolak Ukur Indikator Kompetensi (Target Hasil Belajar)

  1. Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang aspek intrinsic dan ekstrinsik dari Alquran;
  2. Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang berbagai metode memahami Alquran;
  3. Mahasiswa memiliki kemampuan mengaplikasikan metode memahami Alquran dalam menjawab problematika yang berkembang dalam masyarakat.
  4. Pengantar (Sejarah dan Obyek Kajian Ulumul Qur’an)
  5. Pengertian Ulumul Qur’an.
  6. Objek kajiannya dan tujuan mempelajarinya
  7. Sejarah perkembangan Ulumul Qur’an.
    1. Alquran dan Wahyu.
    2. Pengertian Alquran dan wahyu
    3. Nama-nama al-Quran dan alasan penamaannya.
    4. Fungsi dan kedudukan Alquran.
    5. Garis besar isi kandungan Alquran.
      1. Nuzulul Qur’an (Proses pewahyuan Alquran).
      2. Makna nuzulul Qur,an
      3. Proses turunnya al-Quran
      4. Hikmah diturunkan al-Quran secara berangsur-angsur.
        1. Korelasi antara turunnya Alquran dengan perbaikan status dan kedudukan perempuan.
      5. Pemeliharaan Alquran.
      6. Tradisi tulis menulis pada masa Rasul Saw.
      7. Pemeliharaan Alquran pada masa Nabi Saw,
      8. Pemeliharaan Alquran pada masa Abu Bakar dan Umar bin Khottob R.A.
      9. Pemeliharaan Al-Quran pada masa Usman Bin Affan R.A.
      10. Penyempurnaan muskhaf Alquran pasca Usman R.A.
      11. Upaya Pemeliharaan Al-Quran pada masa modern.
        1. Asbab an-Nuzul (Sebab-sebab turunnya Alquran)
        2. Definisi Asbab an-Nuzul dan cara mengetahuinya.
        3. Urgensi mengetahui Asbab an-Nuzul dan contohnya
          1. Makkiyyah dan Madaniyyah
          2. Definisi Makkiyyah dan Madaniyyah.
          3. Metode menentukan Makkiyyah dan Madaniyyah dan cirri-cirinya.
          4. Urgensi mengetahui Makkiyyah dan Madaniyyah.
            1. Munasabah
            2. Definisi Munasabah
            3. Macam-macam Munasabah
            4. Urgensi mempelajari Munasabah
              1. I’jaz Alquran
              2. Definisi I’jaz Alquran.
              3. Bukti historis kegagalan menandingi Alquran.
              4. Aspek-aspek I’jaz Alquran.
                1. Qira’at Alquran
                2. Definisi Qira’at Alquran.
                3. Latar belakang timbulnya perbedaan Qira’at Alquran
                4. Perbedaan qira’at dan pengaruhnya terhadap hukum Islam
                  1. Rasm Usmani
                  2. Pengertian Rasm Usmani
                  3. Pendapat para ulama tentang Rasm Usmani
                  4. Hubungan Rasm Usmani dengan pemahaman Alquran
                    1. Terjemah, Tafsir dan ta’wil
                    2. Pengertian  Terjemah, Tafsir dan Takwil
                    3. Perbedaan dan persamaan antara Terjemah, Tafsir dan Takwil.
                      1. Ragam metode dan corak penafsiran Alquran
                      2. Tafsir ditinjau dari segi sumbernya
                      3. Tafsir ditinjau dari segi metodologinya
                      4. Tafsir ditinjau dari segi coraknya
                        1. Pendekatan:

IV.    Topik Inti Materi Pembelajaran

V.      Kegiatan Perkuliahan

Untuk meningkatkan aktivitas dan efektifitas perkuliahan digunakan pendekatan: berpusat pada mahasiswa, pendekatan tematik, dan pendekatan ketrampilan proses,

  1. Strategi:

Perkuliahan menggunakan strategi : inquiry, berbasis masalah, kontekstual, peningkatan kemampuan berpikir,  kooperatif, dan aktif learning,

  1. Metode:

Perkuliahan menerapkan metode : interactive lecturing , pemberian tugas, presentasi  makalah,    diskusi    dan  tanya  jawab,  kerja  kelompok. Dikombinasikan

dengan strategi aktif learning : brain storming, every one is a teacher here, information search, the power of two, point counter point.

 

VI.      Penilaian

 

Penilaian dilakukan dalam bentuk : portofolio, tugas makalah, presentasi makalah, tes tulis tengah semester dan tes tulis akhir semester.

Tugas / Praktik/ Makalah                        :

15%

Tes UTS                                                    :

30%

Tes UAS                                                    :

35%

Kehadiran & Partisipasi                            :

20%

 

100%

 

VII.   Referensi

 

  1. Abdul Jamil,  Ulumul Qur’an, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2000
  2. Al-Suyuti, Al-Itqan fi ‘Ulumil Qur’an, Beirut: Dar al-Kitab al-Jadid, 1965
  3. Al-Zarqani, Manahil al-‘Irfan fi Ulumil Qur’an, Mesir: Dar al-Ma’arif, 1971
  4. Al-Zahabi, at-Tafsir a al-Mufassirun, Mesir: Dar al-Ma’arif, 1971
  5. Manna’ Khalil Qotton, Mabahis fi Ulumul Qur’an, Mesir: Dar al-Ma’arif, 1971
  6. Muhammad Quroish Shihab, Tafsir al-Misbah, Jakarta: Yyasan Lentera Hati, 2000
  7. Subhi Salih, Mabahis fi Ulumil Qur’an, Ttp. : Maktabah ad-Da’wah al- Islamiyyah, t.t.
  8. Taufiq Adnan Amal, Rekonstruksi Sejarah Alquran, Yogyakarta: Dana Bakti Wakaf, 1995

 

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

 

Mata Kuliah             :  ULUMUL QUR’AN

Jurusan/Prodi           :  Syari’ah/ Perbandingan Mazhab Bobot                       :  2 SKS

Jenis Kompetensi     :  Matakuliah Dasar

Standar Kompetensi : Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan dan menggunakan berbagai pokok bahasan Ulumul Qur'an sebagai salah satu ilmu bantu untuk dapat memahami kandungan Alqur’an.

 

 

No

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi

Metode

Waktu

Referensi

1.

Mahasiswa mampu memahami ruang lingkup mata kuliah Ulumul Qur’an

Mahasiswa mampu:

  1. Memahami pengertian Ulumul Qur’an.
  2. Memahami Objek kajiannya dan tujuan mempelajarinya
  3. Memahami Sejarah perkembangan Ulumul Qur’an.
  4. Pengertian Ulumul Qur’an.
  5. Objek kajiannya dan tujuan mempelajarinya
  6. Sejarah perkembangan Ulumul Qur’an.

ü Brainstorming;

ü Information search;

ü The two power of two;

ü Billboard ranking;

ü Sharing togather.

100

menit

  1. Abdul Djalal H.A,

Ulumul Qur’an

  1. 2.    Al-Suyuti, Al-Itqan fi ‘Ulum al Qur’an
  2. Manna Khalil Qattan, Studi Ilmu-ilmu Alqur’an,terj. Mudzakir AS,
  3. 4.    Muhammad Ali al- Shabuni, Ikhtisar Ulumul Qur’an Praktis,

`terj. M.  Qodirun Nur

  1. 5.    Subhi Shaleh, Mabahits fi 'Ulum Alqur’an

2.

Mahasiswa mampu memahami dan mengamalkan kandungan Alqur’an

Mahasiswa mampu:

a. Memahami makna Alqur’an sebagai kitab suci dan

wahyu

  1. Pengertian Alqur’an dan wahyu
  2. Nama-nama al- Quran dan

ü Information search;

ü The two power of two;

100

menit

  1. Abdul Djalal H.A,

Ulumul Qur’an

  1. 2.    Al-Suyuti, Al-Itqan fi ‘Ulum al Qur’an

 

 

 

 

 

  1. Menyebutkan nama-nama Alqur’an
  2. Mengerti fungsi dan kedudukan Alqur’an
  3. Memiliki pemahaman secara garis besar tentang kandungan

Alqur’an

alasan penamaannya.

  1. Fungsi dan kedudukan Alqur’an.
  2. Garis besar isi kandungan Alqur’an.

ü Billboard ranking;

ü Sharing togather.

 

  1. Manna Khalil Qattan, Studi Ilmu-ilmu Alqur’an,terj. Mudzakir AS,
    1. 4.    Muhammad Ali al- Shabuni, Ikhtisar Ulumul Qur’an Praktis,

`terj. M.  Qodirun Nur

  1. 5.    Subhi Shaleh, Mabahits fi 'Ulum Alqur’an

3.

Mahasiswa memiliki pemahaman dan pengetahuan tentang nuruzul qur’an

Mahasiswa mampu:

  1. Mendefinisikan makna nuzul Qur’an
  2. Menceritakan kronologi turunnya Alqur’an secara berangsur-angsur
  3. Makna nuzulul Qur,an
  4. Proses turunnya al-Quran dan hikmahnya

ü Information search;

ü The two power of two;

ü Billboard ranking;

ü Sharing togather

100

menit

  1. Abdul Djalal H.A,

Ulumul Qur’an

  1. 2.    Al-Suyuti, Al-Itqan fi ‘Ulum al Qur’an
  2. Manna Khalil Qattan, Studi Ilmu-ilmu Alqur’an,terj. Mudzakir AS,
  3. 4.    Muhammad Ali al- Shabuni, Ikhtisar Ulumul Qur’an Praktis,

`terj. M.  Qodirun Nur

  1. 5.    Subhi Shaleh, Mabahits

fi 'Ulum Alqur’an

4.

Mahasiswa memiliki pemahaman secara konseptual tentang tradisi menulis Alqur’an dan pemeliharaannya sampai abad modern

Mahasiswa mampu:

a. Menggambarkan alur tradisi menulis mulai zaman Rasulullah SAW hingga zaman

  1. Tradisi tulis menulis pada masa Rasul Saw.,
  2. Pemeliharaan Alqur’an pada masa Nabi Saw,

ü Information search;

ü The two power of two;

ü Billboard ranking;

100

menit

  1. Abdul Djalal H.A,

Ulumul Qur’an

  1. 2.    Al-Suyuti, Al-Itqan fi ‘Ulum al Qur’an
  2. Manna Khalil Qattan,

Studi Ilmu-ilmu

 

 

 

 

 

Ustman Bin Affan R.A.

b. Mengambil pelajaran tentang perintah penulisan mushaf dan pelarangan penulisan hadis

  1. Pemeliharaan Alqur’an pada masa Abu Bakar dan Umar bin Khottob R.A.
    1. Pemeliharaan Al-Quran pada masa Usman Bin Affan R.A.
    2. Penyempurnaan muskhaf Alqur’an pasca Usman R.A.
    3. Upaya Pemeliharaan Alqur’an pada masa modern.

ü Sharing togather

 

Alqur’an,terj. Mudzakir AS,

  1. 4.    Muhammad Ali al- Shabuni, Ikhtisar Ulumul Qur’an Praktis,

`terj. M.  Qodirun Nur

  1. 5.    Subhi Shaleh, Mabahits fi 'Ulum Alqur’an

5.

Mahasiswa memiliki pemahaman tentang Asbab an-Nuzul dan urgensinya

Mahasiswa mampu:

  1. Menjelaskan historis asbab an-

Nuzul

  1. Menjelaskan urgensi asbab an- nuzul dan contah ayatnya.
    1. Definisi Asbab an-Nuzul dan cara mengetahuinya.
    2. Urgensi mengetahui Asbab an- Nuzul dan contohnya

ü Information search;

ü The two power of two;

ü Billboard ranking;

ü Sharing togather

100

menit

  1. Abdul Djalal H.A,

Ulumul Qur’an

  1. 2.    Al-Suyuti, Al-Itqan fi ‘Ulum al Qur’an
  2. Manna Khalil Qattan, Studi Ilmu-ilmu Alqur’an,terj. Mudzakir AS,
  3. 4.    Muhammad Ali al- Shabuni, Ikhtisar Ulumul Qur’an Praktis,

`terj. M.  Qodirun Nur

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.  Subhi Shaleh, Mabahits

fi 'Ulum Alqur’an

6.

Mahasiswa mampu membedakan antara ayat makiyyah dan madaniyyah

Mahasiswa mampu:

  1. Menyebutkan mana ayat/ surat makiyyah dan madaniyyah
  2. Membedakan ciri khas ayat makiyyah ataupun madaniyyah
    1. Makkiyyah dan Madaniyyah.
    2. Metode

menentukan Makkiyyah dan Madaniyyah dan ciri-cirinya.

ü Information search;

ü The two power of two;

ü Billboard ranking;

ü Sharing togather

100

menit

  1. Abdul Djalal H.A,

Ulumul Qur’an

  1. 2.    Al-Suyuti, Al-Itqan fi ‘Ulum al Qur’an
  2. Manna Khalil Qattan, Studi Ilmu-ilmu Alqur’an,terj. Mudzakir AS,
  3. 4.    Muhammad Ali al- Shabuni, Ikhtisar Ulumul Qur’an Praktis,

`terj. M.  Qodirun Nur

  1. 5.    Subhi Shaleh, Mabahits

fi 'Ulum Alqur’an

7.

Mahasiswa memiliki pemahaman tentang munasabah ayah dalam Alqur’an

Mahasiswa mampu:

  1. Mendefinisikan makna munasabah ayat
  2. Menghubungankan antara satu ayat dengan yang lainnya
    1. Definisi Munasabah
    2. Macam-macam Munasabah

ü Information search;

ü The two power of two;

ü Billboard ranking;

ü Sharing togather

100

menit

  1. Abdul Djalal H.A,

Ulumul Qur’an

  1. 2.    Al-Suyuti, Al-Itqan fi ‘Ulum al Qur’an
  2. Manna Khalil Qattan, Studi Ilmu-ilmu Alqur’an,terj. Mudzakir AS,
  3. 4.    Muhammad Ali al- Shabuni, Ikhtisar Ulumul Qur’an Praktis,

`terj. M.  Qodirun Nur

  1. 5.    Subhi Shaleh, Mabahits

fi 'Ulum Alqur’an

U T S

 

 

 

8.

Mahasiswa memiliki pemahaman tentang I’jaz dan aspek-aseknya

Mahasiswa mampu:

  1. Menjelaskan makna i’jaz Alqur’an
  2. Menyebutkan aspek-aspek i’jaz Alqur’an
  3. Definisi I’jaz Alqur’an.
  4. Bukti historis kegagalan menandingi Alqur’an.
  5. Aspek-aspek I’jaz Alqur’an.

ü Information search;

ü The two power of two;

ü Billboard ranking;

ü Sharing togather

100

menit

  1. Abdul Djalal H.A,

Ulumul Qur’an

  1. 2.    Al-Suyuti, Al-Itqan fi ‘Ulum al Qur’an
  2. Manna Khalil Qattan, Studi Ilmu-ilmu Alqur’an,terj. Mudzakir AS,
  3. 4.    Muhammad Ali al- Shabuni, Ikhtisar Ulumul Qur’an Praktis,

`terj. M.  Qodirun Nur

  1. 5.    Subhi Shaleh, Mabahits

fi 'Ulum Alqur’an

9.

Mahasiswa memiliki pemahaman tentang

Mahasiswa mampu:

  1. Menjelaskan ilmu qira’at
  2. Memahami latar belakang perbedaan ilmu qiraat
  3. Definisi Qira’at Alqur’an.
  4. Latar belakang timbulnya perbedaan Qira’at Alqur’an
  5. Perbedaan qira’at dan pengaruhnya terhadap hukum Islam

ü Information search;

ü The two power of two;

ü Billboard ranking;

ü Sharing togather

100

menit

  1. Abdul Djalal H.A,

Ulumul Qur’an

  1. 2.    Al-Suyuti, Al-Itqan fi ‘Ulum al Qur’an
  2. Manna Khalil Qattan, Studi Ilmu-ilmu Alqur’an,terj. Mudzakir AS,
  3. 4.    Muhammad Ali al- Shabuni, Ikhtisar Ulumul Qur’an Praktis,

`terj. M.  Qodirun Nur

  1. 5.    Subhi Shaleh, Mabahits

fi 'Ulum Alqur’an

10.

Mahasiswa memiliki pemahaman tentang

penulisan Alqur’an

Mahasiswa mampu:

c. Pengertian Rasm Usmani

ü Information search;

100

menit

1.  Abdul Djalal H.A,

Ulumul Qur’an

 

 

 

 

dengan kaidah rasm Utsmani

  1. Memahami pengertian rasm Utsman
  2. Menjelaskan pendapat ulama tentang rasm Utsmani

d. Pendapat para ulama tentang Rasm Usmani

ü The two power of two;

ü Billboard ranking;

ü Sharing togather

 

  1. 2.    Al-Suyuti, Al-Itqan fi ‘Ulum al Qur’an
    1. Manna Khalil Qattan, Studi Ilmu-ilmu Alqur’an,terj. Mudzakir AS,
    2. 4.    Muhammad Ali al- Shabuni, Ikhtisar Ulumul Qur’an Praktis,

`terj. M.  Qodirun Nur

  1. 5.    Subhi Shaleh, Mabahits

fi 'Ulum Alqur’an

11.

Mahasiswa memiliki pemahaman tentang makna terjemah, tafsir dan takwil

Mahasiswa mampu:

  1. Mendefiniskan makna terjemah, tafsir dan takwil
  2. Membedakan antara terjemah, tafsir dan takwil
  3. Pengertian Terjemah, Tafsir dan ta’wil
  4. Perbedaan dan persamaan antara Terjemah, Tafsir dan takwil.

ü Information search;

ü The two power of two;

ü Billboard ranking;

ü Sharing togather

200

menit

  1. Abdul Djalal H.A,

Ulumul Qur’an

  1. 2.    Al-Suyuti, Al-Itqan fi ‘Ulum al Qur’an
  2. Manna Khalil Qattan, Studi Ilmu-ilmu Alqur’an,terj. Mudzakir AS,
  3. 4.    Muhammad Ali al- Shabuni, Ikhtisar Ulumul Qur’an Praktis,

`terj. M.  Qodirun Nur

  1. 5.    Subhi Shaleh, Mabahits

fi 'Ulum Alqur’an

12.

Mahasiswa memiliki pemahaman tentang macam-macam corak ilmu tafsir dan contohnya

Mahasiswa mampu:

a. Menjelaskan tafsir dari segi sumbernya

  1. Tafsir ditinjau dari segi sumbernya
  2. Tafsir ditinjau

dari segi

ü Information search;

ü The two power of two;

200

menit

  1. Abdul Djalal H.A,

Ulumul Qur’an

  1. 2.    Al-Suyuti, Al-Itqan fi ‘Ulum al Qur’an

 

 

 

 

 

b. Menjelaskan tafsir dari segi metodologinya

metodologi dan coraknya

ü Billboard ranking; Sharing togather

 

  1. Manna Khalil Qattan, Studi Ilmu-ilmu Alqur’an,terj. Mudzakir AS,
    1. 4.    Muhammad Ali al- Shabuni, Ikhtisar Ulumul Qur’an Praktis,

`terj. M.  Qodirun Nur

  1. 5.    Subhi Shaleh, Mabahits

fi 'Ulum Alqur’an

U A S

 

Disusun oleh:

Diperiksa oleh:

Disahkan oleh:

Dosen Pengampu:

 

 

 

 

Muhammad Fuad Zain, S.H.I., M.Sy.

Penanggungjawab Keilmuan:

 

 

 

 

Dr. H. Naqiyah, M.Ag.

NIP. 19630922 199002 2 001

Kajur Ilmu-Ilmu Syari’ah

 

 

 

 

Dr. Achmad Siddiq, M.H.I., M.H. NIP. 19750720 200501 1 003