Learning Contract

Introduction to the subject

Mata Kuliah ini menghantarkan mahasiswa mempelajari konsep dasar , alam pikiran dan agama -agama yang bekembang di wilayah timur . Timur dari belahan bumi , misalkan agama yang berkembang di china, Korea, jepang, India, dan Asia Tenggara. Pada kajian ini menfokuskan pada doktrin, sejarah agama, tokoh -tokohnya dan perkembangan dan persebarannya.Agama -agama ini berasal dari agama tradisional yang ada pada praktek kehidupan agama dalam laku keseharian. Nilai nilai sakralitas menjadi agama agama timur tumbuh berkembang dewasa ini.

Mata kuliah teori pembangunan adalah mata kuliah wajib di tingkat program studi yang membahas tentang teori pembangunan mulai dari teori ketergantungan, teori modernitas, teori pasca ketergantungan, teori pembangunan berkelanjutan, teori pembangunan manusia disertai kajian para tokoh pengusung teoritikusnya , dasar pemikiran, karakteristik masing masing.

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang sejarah agama-agama yang ada di dunia yang meliputi: Pertama, sejarah pra agama seperti animisme, dinamisme, totem, taboo. Kedua, sejarah agama-agama seperti sejarh agama Hindu, Buddha, Kristen, katolik dan  Islam 

Mata Kuliah ini dimaksudkan untuk memahami awal mula Islam masuk ke bumi Nusantara.