Mata kuliah Prodi KI dengan kode KI

Pengelolaan madrasah saat ini telah banyak yang memanfaatkan teknologi informasi. Hal ini merupakan dampak langsung dari perkembangan teknologi informasi yang merambah seluruh bidang kehidupan dan pekerjaan. Teknologi informasi memberikan berbagai kemudahan dan kecepatan dalam mengolah data. Dimana data yang telah tersimpan dalam sistem informasi pendidikan merupakan salah satu aset yang berharga, disamping aset-aset yang lain seperti sumber daya manusia, sarana, dan finansial. Jika dapat mengolah dan menganalisis data kependidikan dengan alat yang tepat, maka sumber daya data dapat memberikan banyak keuntungan. Salah satu keuntungan tersebut adalah mendukung proses pengambilan keputusan yang diambil oleh manajemen.

Pengelolaan institusi pendidikan menjadi salah satu unsur dalam menciptakan siswa yang berprestasi dan berakhlak mulia. Proses pendidikan dan pembelajaran akan dapat berjalan dengan baik jika didukung dengan manajemen yang rapi dan tersistem. Pemanfaatan teknologi informasi bisa menjadi alternatif untuk mencapai tata kelola institusi pendidikan yang bisa meningkatkan pelayanan kepada semua elemen pendidikan.

Mata kuliah Manajemen Sistem Informasi Pendidikan memiliki posisi yang strategis bagi mahasiswa program studi Kependidikan Islam dalam rangka memberi gambaran mengenai bagaimana mengelola pendidikan berbasis sistem informasi. Mahasiswa dapat memahami dan memanfaatkan teknologi informasi untuk kepentingan pengembangan institusi pendidikan. Dengan mengimplementasikan manajemen pendidikan yang berbasis sistem informasi akan banyak manfaat yang bisa dipetik oleh baik oleh pengelola sendiri, siswa, guru, orang tua, maupun elemen lain dalam institusi pendidikan.

Mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan mengenai sistem informasi manajemen secara umum, kemudian bagaimana sistem informasi manajemen diterapkan di bidang pendidikan. Dengan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa tidak gagap terhadap implementasi teknologi di bidang kependidikan, namun dapat memberikan ide terhadap pengembangan pendidikan yang berbasis teknologi informasi melalui implementasi sistem informasi dalam bidang pendidikan.

Teknologi Pendidikan  adalah mata kuliah yang mempelajari tentang  konsep  dan teori yang melandasi  penerapan teknologi dalam dunia pendidikan. Selain itu juga memahami  domain-domain  dan perkembangan teknologi pendidikan yang memiliki peran sangat penting dalam peningkatan mutu pendidikan. Pembahasan dalam mata kuliah ini meliputi permasalahan pendidikan secara makro dan mikro, peningkatan Mutu Pendidikan, sejarah perkembangan Konsep Teknologi Pendidikan, hakikat dan Konsep dasar Teknologi Pendidikan, unsur-unsur dan Dimensi Utama Teknologi Pendidikan, domain-domain teknologi pendidikan, tren dan isu terkini  dalam Teknologi Pendidikan, pendayagunaan Teknologi Pendidikan, ICT dalam Teknologi Pendidikan, kegiatan Teknologi Pendidikan dalam Organisasi nasional dan Internasional, kompetensi Teknologi Pendidikan dalam dunia kerja.

Mata Kuliah Pengantar Manajemen

  1. Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Manajemen Lembaga Pendidikan Islam merupakan salah satu mata kuliah yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa program studi Kependidikan Islam jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. Mata  kuliah ini  mengkaji tentang konsep dasar dan teori-teori manajemen lembaga pendidikan Islam.

 

II.           Tujuan  Mata Kuliah

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar mampu:

  1. Memahami manajemen lembaga pendidikan Islam secara komprehensif
  2. Mengimplementasikan manajemen pendidikan dalam pengelolaan lembaga pendidikan Islam