Mata kuliah Prodi PBA dengan kode PBA

Khat merupakan mata kuliah yang di dalamnya melatih mahasiswa dalam menulis kaligrafi Arab (naskhi). Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, ketrampilan, dan pembiasaan/tradisi menulis Arab sesuai dengan kaidah yang benar. Seperangkat pengetahuan, ketrampilan, dan kebiasaan yang didapat pada kuliah ini dapat dijadikan bekal mereka dalam proses pembelajaran di kelas. Dengan mempertimbangkan tujuan mata kuliah tersebut, diperlukan rancangan perkuliahan sedemikian rupa sehingga dapat mempersiapkan mahasiswa dengan skill yang menjadi tuntutan  masyarakat (stakeholders).

Matakuliah Ilmu Dilalah merupakan salah satu mata kuliah wajib yang hanya dapat diprogramkan setelah mahasiswa lulus dalam mata kuliah (Pengantar linguistik Umum, Fonetik Bahasa Arab, Morfologi Bahasa Arab dan Sitaksis Bahasa Arab). Pada awal pertemuan mata kuliah ini membahas tentang pengertian, sejarah serta hubungan semantik dengan disiplin ilmu. Pada pertemuan selanjutnya mata kuliah ini akan membahas tentang berbagai jenis makna ditinjau dari segi leksikal dan gramatikal.

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

KEMENTERIAN AGAMA

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PURWOKERTO

FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB

Alamat: Jl. Jend. A. Yani No. 40 A purwokerto 53126

Telp: 0281-635624, 628250, Fax: 0281-636553, www.iainpurwokerto.ac.id

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

Mata Kuliah

Kode

Rumpun MK

Bobot SKS

Semester

Tgl Penyusunan

ILMU MA’ANI

 

Kaidah Bahasa

2 SKS

Lima

9 Agustus 2018

OTORISASI

Dosen Pengembang RPS

Koordinator RMK

Ketua Prodi PBA

 

 

 

Enjang Burhanudin Yusuf, M.Pd

 

 

 

H. A. Sangid, B.Ed., M.A

 

 

 

H. A. Sangid, B.Ed., M.A

Capaian Pembelajaran (CP)

CP Program Studi

S12 

Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta memiliki wawasan global dalam perannya sebagai warga dunia

P21

Menguasai konsep, metode keilmuan, substansi materi, struktur, dan pola pikir keilmuan Bahasa Arab

KU3

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni

KU10

Menunjukkan kemampuan literasi informasi, media dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja

KK4

Mampu mengembangkan keilmuan dan keprofesian secara berkelanjutan, mandiri maupun kolektif dalam kerangka mewujudkan diri sebagai pendidik sejati dan pembelajar

CP Mata kuliah

M1

Mahasiswa mampu mengkaji dan mengenalisa teks-teks berbahasa arab; baik ayat, hadits, syi’ir maupun prosa yang mengandung unsur stilistika bahasa arab

M2

Mahasiswa mampu memahami makna balaghiyah dalam sebuah teks berbahasa arab

M3

Mahasiswa mampu menerapkan teori kalam kabari dan kalam insya-i dalam berbahasa arab dengan contoh-contoh keseharian

M4

Mahasiswa mampu membedakan jenis-jenis kalimat dan penggunaanya dalam ilmu Ma’ani

M5

Mahasiswa bisa menganalisa perbedaan makna kata sesuai dengan konteks kalimatnya

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Balaghah I adalah mata kulah keahlian. Balaghah merupakan mata kuliah bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab. Balaghah merupakan bidang yang mengkaji wilayah Stilistik . Pentingnya menguasai ilmu Balaghah agar mahasiswa dapat memahami dasar dasar gaya bahasa dalam ilmu Ma`ani. Ilmu ini awalnya merupakan kajian dalam linguistik sebelum berdiri sebagai disiplin ilmu tersendiri

Materi Pembelajaran / Pokok Bahasan

  1. Pengantar ilmu balaghoh
  2. Definisi ilmu balaghoh, syarat-syarat kalam al-Baligh, definisi fashohah dan syarat-syarat kalam fasih
  3. Definisi ilmu ma’ani dan cakupan tema-tema bahasannya
  4. Musnad dan musnad ilaih
  5. Kalam khobari, tujuan dan pembagiannya
  6. Kalam insya’I dan macam-macamnya
  7. Al Amru; Bentuk-bentuknya, makna aslinya dan makna kontekstualnya
  8. An Nahyu: Bentuk-bentuknya, makna aslinya dan makna kontekstualnya
  9. Al-Istifham: Bentuk-bentuknya, makna aslinya dan makna kontekstualnya
  10. At Tarajji wat tamanni dan nida: perangkat, pembagian dan konteks maknanya
  11. Al-Qasru: definisi, bentuk dan nama-namanya
  12. Al ithlaq wat taqyid
  13. Al-Fashlu dan al-Washlu
  14. Al Ijaz wal Musawah wal Ithnab

Pustaka

Utama :

  1. Ahmad Al-Qallasy. 1995. Taysirul Balaghah. Jeddah: Maktabah al-Malik Fahd al-Wathaniyah
  2. Sayyid Ahmad al-Hasyimi. 1999. Jawahirul Balaghah. Beyrut: al Makrabah al ’Ashriyah
  3. Ali al Jarim dan Mustofa Amin. 1999. Al Balaghoh al Wadlihah; al Bayan, al Ma’ani wa al Badi’. Libanon: Dar al Ma’arif
  4. ________, 2014. Al Balaghoh al Wadlihah (Terj.  Mujiyo Nurkholis, dkk). Bandung: Sinar Baru Algensindo

 

 

Pendukung :

1-      Dr. Fadli Hasan Abbas. 1997. Silsilat al Al-Balaghoh wa lughotina; Fununuha wa afnanuha (ilm al Ma’ani). Oman: Dar al Furqon

2-      Dr. Isa Ali al-Akub dan Prof. Ali Sa’di al Satyuri. 1993. Al-Kafi fi Ulum al Balaghoh al ‘Arabiyah: al Ma’ni, al Bayan, dan al Badi’. Ghaza: Jami’atul Futuhat

3-      Abdul Muta’al Al Sho’idi. 1991. Al Balaghoh al ‘Aliyah (Ilm al Ma’ani). Mesir: Maktabat  al Adab

4-      Tamim Muloh. 2014. Al Wajiz fi Ilmi al Balaghoh. Malang: Dream Litera Buana

5-      Mamat Zainuddin dan Yayan Nurbayan. 2007. Pengantar ilmu Balaghah. Bandung: Rafika Meditama

6-      Dr. Syihabuddin Qalyubi. 2009. Stilistika al-Qur’an. Jogjakarta: LKIS

7-      M. Sholeh Shofwan. 2008. Mabadi’ Balaghoh: Pengantar Memahami Nadzom Jauharul Maknun. Jombang: Darul Hikmah

  1.  

Media Pembelajaran

Perangkat Lunak:  E-Learning, Social Media Group, dll

Perangkat Keras :  Proyektor, Whiteboard, Plano, dll

Team Teaching

Enjang  Burhanudin Yusuf, M.Pd, H. A. Sangid, B,Ed, MA

Mata Kuliah syarat

-

 

 

 

 

Minggu

Ke

Kemampuan Akhir yang Direncanakan

(Sub CP MK)

Materi Pembelajaran

Bentuk dan Metode Pembelajaran

Indikator

Pengalaman Pembelajaran

Kriteria & Bentuk Penilaian

Bobot Penilaian (%)

1

2

3

4

5

6

7

8

1

Mahasiswa memahami ilmu balaghah dan kajiannya dalam  bahasa arab

General study tentang al madkhol ila ilm balaghoh wa ilmil ma’ani

Ceramah dan brainstorming

TM 2 x (2x50’)x2

Tugas 1: riview materi tentang ila ilm balaghoh wa ilmil ma’ani

BT+BM (1+1)x2

Tugas 2: mencari jurnal tentang ila ilm balaghoh wa ilmil ma’ani dan mereview isinya

BT+BM (1+1)x2

Ketepatan memberi respon dan partisipasi dalam diskusi

  • Dosen memberikan ceramah tentang ila ilm balaghoh wa ilmil ma’ani.
  • Dosen dan mahasiswa saling berdiskusi

Ketepatan dan penguasaan

 

Bentuk : non test

Tulisan riview materi

10

2

Mahasiswa mampu menjelaskan hakekat balaghoh, ruang lingkup, syarat-syarat kalam fashih dan  baligh, pembagian ilmu balaghah, sejarahnya

-      Definisi balaghah dan syarat-syarat kalam baligh

-      Definisi fashahah serta syarat-syarat kalam fashih.

-      Pembagian ilmu balaghah

Ceramah, diskusi kelompok, analisa masalah

TM 2x (2x50’)x2

Tugas 1: membuat artikel tentang kalam baligh, fashahah dan pembagian ilmu balaghah

BT+BM (1+1)x2

Tugas 2: laporan review dan diskusi

BT+BM (1+1)x2

Mahasiswa tepat dalam memahami kalam baligh, fashahah dan pembagian ilmu balaghah

  • Dosen memberikan ceramah tentang kalam baligh, fashahah dan pembagian ilmu balaghah
  • Dosen dan mahasiswa saling berdiskusi

Ketepatan dan penguasaan

 

Bentuk : non test

Tulisan riview materi

 

3

Mahasiswa mampu menyebutkan pengertian ilmu ma’ani,  dan objek –objek kajiannya

-      Definisi  ilmu ma’ani

-      Objek-objek kajian Ilmu Ma’ani

Ceramah, diskusi kelompok, diskusi masalah

TM 2x (2x50’)x2

Tugas 1: membuat artikel tentang ilmu ma’ani dan objek kajiannya

BT+BM (1+1)x2

Tugas 2: laporan review dan diskusi

BT+BM (1+1)x2

Ketepatan mahasiswa dalam memahami ilmu ma’ani dan objek kajiannya

  • Dosen memberikan ceramah tentang ilmu ma’ani dan objek kajiannya
  • Dosen dan mahasiswa saling berdiskusi

Ketepatan dan penguasaan

 

Bentuk : non test

Tulisan riview materi

 

4 & 5

Mahasiswa bisa menjelaskan pengertian musnad dan musnad ilaih, tempat-tempat musnad, tempat-tempat musnad ilaih, memakrifatkan musnad ilah, menakirahkan musnad ilai, menyebut musnad ilaih dan membuang musnad ilaih

-      Pengertian musnad dan musnad ilaih,

-       Tempat-tempat musnad, tempat-tempat musnad ilaih,

-      Memakrifatkan musnad ilah, menakirahkan musnad ilai,

-      Menyebut musnad ilaih dan membuang musnad ilaih

Ceramah, diskusi kelompok, diskusi masalah

TM 2x (2x50’)x2

Tugas 1: membuat artikel tentang musnad dan musnad ilaih

BT+BM (1+1)x2

Tugas 2: laporan review dan diskusi

BT+BM (1+1)x2

Ketepatan mahasiswa dalam menelusuri musnad dan musnad ilaih

  • Dosen memberikan ceramah musnad dan musnad ilaih
  • Dosen dan mahasiswa saling berdiskusi

Ketepatan dan penguasaan

 

Bentuk : non test

Tulisan riview materi

 

6

Mahasiswa bisa menjelaskan pengertian kalam khobar , tujuan kalam khobari dan bentuk-bentuk kalam khobarii

-      Pengertian kalam khobar ,

-      Tujuan kalam khobari dan bentuk-bentuk kalam khobarii

 

Ceramah, diskusi kelompok, diskusi masalah

TM 2x (2x50’)x2

Tugas 1: membuat artikel kalam khobari dan bentuk-bentuknya

BT+BM (1+1)x2

Tugas 2: laporan review dan diskusi

BT+BM (1+1)x2

Ketepatan mahasiswa dalam memahami kalam khobari dan bentuk-bentuknya

  • Dosen memberikan ceramah tentang kalam khobari dan bentuk-bentuknya
  • Dosen dan mahasiswa saling berdiskusi

Ketepatan dan penguasaan

 

Bentuk : non test

Tulisan riview materi

 

7

Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian kalam insya’I,

Mampu menganalisa katagorisasi kalam insya’I, variasi makna pada kalam insya’i

-      Pengertian kalam insya’I,

-      Kategorisasi kalam insya’I,

-      Variasi makna pada kalam insya’i

Ceramah, diskusi kelompok, diskusi masalah

TM 2x (2x50’)x2

Tugas 1: membuat artikel tentang kalam insya-I dan variasi maknanya

BT+BM (1+1)x2

Tugas 2: laporan review dan diskusi

BT+BM (1+1)x2

Ketepatan mahasiswa dalam memahami kalam insya-I dan variasi maknanya

  • Dosen memberikan ceramah tentang kalam insya-I dan variasi maknanya
  • Dosen dan mahasiswa saling berdiskusi

Ketepatan dan penguasaan

 

Bentuk : non test

Tulisan riview materi

 

8

Mahasiswa mampu menerangkan al Amru, bentuk-bentuk kalimatnya dan perbedaan makna sesuai dengan konteks kalimatnya

-      Pengetian amr

-      Bentuk-bentuk amar

-      Perbedaan makna kata dalam bentuk amar sesuai dengan konteksnya

Ceramah, diskusi kelompok, diskusi masalah

TM 2x (2x50’)x2

Tugas 1: membuat artikel tentang amr; bentuk dan tujuannya

BT+BM (1+1)x2

Tugas 2: laporan review dan diskusi

BT+BM (1+1)x2

Ketepatan mahasiswa dalam memahami amr; bentuk dan tujuannya

  • Dosen memberikan ceramah tentang amr; bentuk dan tujuannya
  • Dosen dan mahasiswa saling berdiskusi

Ketepatan dan penguasaan

 

Bentuk : non test

Tulisan riview materi

 

9

Mahasiswa mampu menerangkan an Nahyu bentuk-bentuk kalimatnya dan perbedaan makna sesuai dengan konteks kalimatnya

-      Pengetian Nahyu

-      Bentuk-bentuk Nahyu

-      Perbedaan makna kata dalam bentuk Nahyu sesuai dengan konteksnya

Ceramah, diskusi kelompok, diskusi masalah

TM 2x (2x50’)x2

Tugas 1: membuat artikel tentang Nahyu: Bentuk dan Tujuannya

BT+BM (1+1)x2

Tugas 2: laporan review dan diskusi

BT+BM (1+1)x2

Ketepatan mahasiswa dalam memahami Nahyu: Bentuk dan Tujuannya

  • Dosen memberikan ceramah tentang Nahyu: Bentuk dan Tujuannya
  • Dosen dan mahasiswa saling berdiskusi

Ketepatan dan penguasaan

 

Bentuk : non test

Tulisan riview materi

 

10

Mahasiswa bisa menjelaskan definisi Istifham, menyebutkan bentuk-bentuk istifham dan menganalisa makna istifham sesuai dengan konteks kalimatnya

-      Pengertian Istifham:

-      Bentuk-bentuk Istifham

-      Makna-makna istifham sesuai dengan konteksnya

Ceramah, diskusi kelompok, diskusi masalah

TM 2x (2x50’)x2

Tugas 1: membuat artikel tentang istifham; bentuk dan makna konteksnya

BT+BM (1+1)x2

Tugas 2: laporan review dan diskusi

BT+BM (1+1)x2

Ketepatan mahasiswa dalam memahami istifham; bentuk dan makna konteksnya

  • Dosen memberikan ceramah tentang istifham; bentuk dan makna konteksnya
  • Dosen dan mahasiswa saling berdiskusi

Ketepatan dan penguasaan

 

Bentuk : non test

Tulisan riview materi

 

11

Mahasiswa mampu menerangkan tarajji wat tamanni wan nida, perangkat yang digunakan dalam tarajji wat tamanni wan nida, pembagainnya dan perubahan makna sesuai dengan konteksnya

-      Penjelasan At Tarajji wat tamanni dan nida:

-      Perangkat tarajji wat tamanni wan nida

-      Pembagian dan konteks maknanya

Ceramah, diskusi kelompok, diskusi masalah

TM 2x (2x50’)x2

Tugas 1: membuat artikel tentang tamanni, tarajji dan nida serta makna konteksnya

BT+BM (1+1)x2

Tugas 2: laporan review dan diskusi

BT+BM (1+1)x2

Ketepatan mahasiswa dalam memahami tamanni, tarajji dan nida serta makna konteksnya

  • Dosen memberikan ceramah tentang Nahyu: Bentuk dan Tujuannya
  • Dosen dan mahasiswa saling berdiskusi

Ketepatan dan penguasaan

 

Bentuk : non test

Tulisan riview materi

 

12

Mahasiswa bisa menjelaskan pengertian qashr, jenis qashr, teknik penyusunan ungkapan-ungkapan qashr dan menganalisa contoh-contoh

-      Pengertian qashr,

-       Jenis qashr,

-      Teknik penyusunan ungkapan-ungkapan qashr

Ceramah, diskusi kelompok, diskusi masalah

TM 2x (2x50’)x2

Tugas 1: membuat artikel tentang qashr: Jenis dan teknik pengungkapannya

BT+BM (1+1)x2

Tugas 2: laporan review dan diskusi

BT+BM (1+1)x2

Ketepatan mahasiswa dalam memahami qashr: Jenis dan teknik pengungkapannya

  • Dosen memberikan ceramah tentang qashr: Jenis dan teknik pengungkapannya
  • Dosen dan mahasiswa saling berdiskusi

Ketepatan dan penguasaan

 

Bentuk : non test

Tulisan riview materi

 

13

Mahasiswa mampu menjelaskan fashl dan washal, tempat-tempat washl dan tempat-tempat fashl

-      Pengertian fashl dan washal

-      Tempat-tempat washl dan tempat-tempat fashl

Ceramah, diskusi kelompok, diskusi masalah

TM 2x (2x50’)x2

Tugas 1: membuat artikel tentang fashl dan washl serta tempat-tempatnya

BT+BM (1+1)x2

Tugas 2: laporan review dan diskusi

BT+BM (1+1)x2

Ketepatan mahasiswa dalam memahami fashl dan washl serta tempat-tempatnya

  • Dosen memberikan ceramah tentang fashl dan washl serta tempat-tempatnya
  • Dosen dan mahasiswa saling berdiskusi

Ketepatan dan penguasaan

 

Bentuk : non test

Tulisan riview materi

 

14

Mahasiswa bisa menjelaskan pengertian ijaz, musawah dan ithnab, pembagiannya, dan membuat analisanya dalam contoh-contoh

-      Pengertian ijaz, musawah dan ithnab dan pembagiannya

Ceramah, diskusi kelompok, diskusi masalah

TM 2x (2x50’)x2

Tugas 1: membuat artikel tentang ijaz, musawah dan ithnab dan pembagiannya

BT+BM (1+1)x2

Tugas 2: laporan review dan diskusi

BT+BM (1+1)x2

Ketepatan mahasiswa dalam memahami ijaz, musawah dan ithnab dan pembagiannya

  • Dosen memberikan ceramah tentang ijaz, musawah dan ithnab dan pembagiannya
  • Dosen dan mahasiswa saling berdiskusi

Ketepatan dan penguasaan

 

Bentuk : non test

Tulisan riview materi

 

Perkuliahan ini diperuntukkan bagi mahasiswa Jurusan Tarbiyah Program Strata Satu   (S-1) prodi PBA, sebagai calon guru di sekolah, dengan maksud memberikan pengetahuan dan wawasan dasar tentang merencanakan pembelajaran bahasa Arab sebagai suatu sistem.

Dengan pertimbangan tujuan praktis dari mata kuliah ini, maka perkuliahan dirancang untuk dapat membekali pengetahuan dan wawasan dasar yang yang diperlukan bagi mahasiswa nantinya dalam melaksanakan pembelajaran, khususnya dalam membelajarkan siswa sebagai peserta didik di lembaga pendidikan formal (sekolah). Oleh karenanya perkuliahan ini ditekankan pembahasannya pada konsep serta teori-teori dalam merancang pembelajaran yang berkembang serta beberapa paradigma yang dapat dicermati oleh mahasiswa. Dengan harapan nantinya mahasiswa dapat membuat rancangan pembelajaran dengan baik, yang dapat mengoptimalkan keberadaan siswa sebagai peserta didik dalam proses pembelajaran, sehingga pada gilirannya akan dapat melaksanakan serta membuahkan hasil pembelajaran sesuia dengan yang diharapkan.

 

Mata Kuliah                            : MUHADATSAH I

Jurusan                                    : Tarbiyah

Smt/Prodi                                : 3-PBA-2

Bobot                                      : 2 sks

Tahun Akademik                    : 2013/2014

Dosen Pengampu                    : Khoirul Amru Harahap, Lc, MHI (HP. 081327715131)

B.        DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah Muhadatsah termasuk mata kuliah keahlian pada jurusan PBA, yang terdiri dari dua tingkatan yaitu Muhadatsah I dan Muhadatsah II. Materi ini diajarkan untuk memberikan modal yang kuat bagi peserta didik agar mampu berkomunikasi, berbicara, dan bercerita dengan menggunakan bahasa Arab. Dalam materi Muhadatsah I, akan diajarkan tentang dasar-dasar teori Muhadatsah, langkah-langkah serta ketrampilan dalam berbicara, dan pada akhirnya dilakukan praktek berbicara dengan tema-tema tertentu yang aktual dan relevan menggunakan bahasa Arab. 

C.        TUJUAN MATA KULIAH

1.         Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang dasar-dasar teori Muhadatsah.

2.         Mahasiswa memiliki ketrampilan berkomunikasi dengan orang lain menggunakan bahasa Arab

3.         Mahasiswa memiliki ketrampilan menyampaiakan ide atau gagasan kepada orang lain dalam kalimat bahasa Arab secara lisan

D.        INDIKATOR

1.         Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar tentang muhadatsah

2.         Mahasiswa mampu berkomunikasi dengan lawan bicara (menyapa dan membalasnya).

3.         Mahasiswa mampu men-ta’bir-kan kembali bahasa Arab yang didengar.

4.         Mahasiswa mampu mengomentari benda, gambar, dan kejadian yang dilihat

5.         Mahasiswa mampu menceritakan peristiwa dengan bahasa sendiri.

6.         Mahasiswa mampu mengkomunikasikan ide dengan bahasa Arab secara lisan.

Mata kuliah Nahwu I merupakan salah satu mata kuliah keahlian yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto sebagai kelanjutan dari mata kuliah Dasar Bahasa Arab dengan harapan dapat membekali mahasiswa prodi PBA sebagai calon pendidik/guru Bahasa Arab dan atau peneliti bidang pembelajaran bahasa Arab dan profesi lainnya agar dalam melaksanakan tugasnya senantiasa dilandasi ilmu bahasa yang benar dan mapan sehingga kegiatan pendidikan yang dilaksanakan adalah kegiatan pendidikan yang profesional. Selain itu, mata kuliah ini sangat mendukung untuk perkuliahan mata kuliah berikutnya seperti Nahwu II, tarjamah, Muthala’ah, Insya’, Kitabah, Khitabah dan Istima’.

II.      Standar Kompetensi

  1. Memiliki pemahaman dan penguasaan tentang susunan jumlah ismiyah dan fi’liyah
  2. Memiliki kemampuan mengaplikasikan “kaana” dan “inna” serta saudara-saudaranya dalam kalimat
  3. Menguasai dan memahami susunan fi’il, fa’il dan maf’ulnya

III.   Kompetensi Dasar

  1.  Mahasiswa mampu memahami konsep  umum tentang materi kuliah Nahwu  I
  2. Mahasiswa memiliki pemahaman tentang al-mubtada wa al-khabar
  3. Mahasiswa memiliki pemahaman tentang macam-macam khabar al-mubtada.
  4. Mahasiswa memiliki pemahaman tentang tentang amalnya “Kaana” serta “Inna” dan saudara-saudaranya.
  5. Mahasiswa memiliki pemahaman tentang fa’il dan naib al-fa’il
  6. Mahasiswa memiliki pemahaman tentang macam-macam maf’ul dalam teks Arab.