Mata kuliah Prodi PBA dengan kode PBA

Perkuliahan ini diperuntukkan bagi mahasiswa Jurusan Tarbiyah Program Strata Satu   (S-1) prodi PBA, sebagai calon guru di sekolah, dengan maksud memberikan pengetahuan dan wawasan dasar tentang merencanakan pembelajaran bahasa Arab sebagai suatu sistem.

Dengan pertimbangan tujuan praktis dari mata kuliah ini, maka perkuliahan dirancang untuk dapat membekali pengetahuan dan wawasan dasar yang yang diperlukan bagi mahasiswa nantinya dalam melaksanakan pembelajaran, khususnya dalam membelajarkan siswa sebagai peserta didik di lembaga pendidikan formal (sekolah). Oleh karenanya perkuliahan ini ditekankan pembahasannya pada konsep serta teori-teori dalam merancang pembelajaran yang berkembang serta beberapa paradigma yang dapat dicermati oleh mahasiswa. Dengan harapan nantinya mahasiswa dapat membuat rancangan pembelajaran dengan baik, yang dapat mengoptimalkan keberadaan siswa sebagai peserta didik dalam proses pembelajaran, sehingga pada gilirannya akan dapat melaksanakan serta membuahkan hasil pembelajaran sesuia dengan yang diharapkan.

 

Mata Kuliah                            : MUHADATSAH I

Jurusan                                    : Tarbiyah

Smt/Prodi                                : 3-PBA-2

Bobot                                      : 2 sks

Tahun Akademik                    : 2013/2014

Dosen Pengampu                    : Khoirul Amru Harahap, Lc, MHI (HP. 081327715131)

B.        DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah Muhadatsah termasuk mata kuliah keahlian pada jurusan PBA, yang terdiri dari dua tingkatan yaitu Muhadatsah I dan Muhadatsah II. Materi ini diajarkan untuk memberikan modal yang kuat bagi peserta didik agar mampu berkomunikasi, berbicara, dan bercerita dengan menggunakan bahasa Arab. Dalam materi Muhadatsah I, akan diajarkan tentang dasar-dasar teori Muhadatsah, langkah-langkah serta ketrampilan dalam berbicara, dan pada akhirnya dilakukan praktek berbicara dengan tema-tema tertentu yang aktual dan relevan menggunakan bahasa Arab. 

C.        TUJUAN MATA KULIAH

1.         Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang dasar-dasar teori Muhadatsah.

2.         Mahasiswa memiliki ketrampilan berkomunikasi dengan orang lain menggunakan bahasa Arab

3.         Mahasiswa memiliki ketrampilan menyampaiakan ide atau gagasan kepada orang lain dalam kalimat bahasa Arab secara lisan

D.        INDIKATOR

1.         Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar tentang muhadatsah

2.         Mahasiswa mampu berkomunikasi dengan lawan bicara (menyapa dan membalasnya).

3.         Mahasiswa mampu men-ta’bir-kan kembali bahasa Arab yang didengar.

4.         Mahasiswa mampu mengomentari benda, gambar, dan kejadian yang dilihat

5.         Mahasiswa mampu menceritakan peristiwa dengan bahasa sendiri.

6.         Mahasiswa mampu mengkomunikasikan ide dengan bahasa Arab secara lisan.

Mata kuliah Nahwu I merupakan salah satu mata kuliah keahlian yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto sebagai kelanjutan dari mata kuliah Dasar Bahasa Arab dengan harapan dapat membekali mahasiswa prodi PBA sebagai calon pendidik/guru Bahasa Arab dan atau peneliti bidang pembelajaran bahasa Arab dan profesi lainnya agar dalam melaksanakan tugasnya senantiasa dilandasi ilmu bahasa yang benar dan mapan sehingga kegiatan pendidikan yang dilaksanakan adalah kegiatan pendidikan yang profesional. Selain itu, mata kuliah ini sangat mendukung untuk perkuliahan mata kuliah berikutnya seperti Nahwu II, tarjamah, Muthala’ah, Insya’, Kitabah, Khitabah dan Istima’.

II.      Standar Kompetensi

  1. Memiliki pemahaman dan penguasaan tentang susunan jumlah ismiyah dan fi’liyah
  2. Memiliki kemampuan mengaplikasikan “kaana” dan “inna” serta saudara-saudaranya dalam kalimat
  3. Menguasai dan memahami susunan fi’il, fa’il dan maf’ulnya

III.   Kompetensi Dasar

  1.  Mahasiswa mampu memahami konsep  umum tentang materi kuliah Nahwu  I
  2. Mahasiswa memiliki pemahaman tentang al-mubtada wa al-khabar
  3. Mahasiswa memiliki pemahaman tentang macam-macam khabar al-mubtada.
  4. Mahasiswa memiliki pemahaman tentang tentang amalnya “Kaana” serta “Inna” dan saudara-saudaranya.
  5. Mahasiswa memiliki pemahaman tentang fa’il dan naib al-fa’il
  6. Mahasiswa memiliki pemahaman tentang macam-macam maf’ul dalam teks Arab.