- Teacher: Atabik Atabik
Khat merupakan mata kuliah yang di dalamnya melatih mahasiswa dalam menulis kaligrafi Arab (naskhi). Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, ketrampilan, dan pembiasaan/tradisi menulis Arab sesuai dengan kaidah yang benar. Seperangkat pengetahuan, ketrampilan, dan kebiasaan yang didapat pada kuliah ini dapat dijadikan bekal mereka dalam proses pembelajaran di kelas. Dengan mempertimbangkan tujuan mata kuliah tersebut, diperlukan rancangan perkuliahan sedemikian rupa sehingga dapat mempersiapkan mahasiswa dengan skill yang menjadi tuntutan masyarakat (stakeholders).
- Teacher: Suwito NS
Matakuliah Ilmu Dilalah merupakan salah satu mata kuliah wajib yang hanya dapat diprogramkan setelah mahasiswa lulus dalam mata kuliah (Pengantar linguistik Umum, Fonetik Bahasa Arab, Morfologi Bahasa Arab dan Sitaksis Bahasa Arab). Pada awal pertemuan mata kuliah ini membahas tentang pengertian, sejarah serta hubungan semantik dengan disiplin ilmu. Pada pertemuan selanjutnya mata kuliah ini akan membahas tentang berbagai jenis makna ditinjau dari segi leksikal dan gramatikal.
- Teacher: Ade Ruswatie
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
KEMENTERIAN AGAMA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PURWOKERTO FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB Alamat: Jl. Jend. A. Yani No. 40 A purwokerto 53126 Telp: 0281-635624, 628250, Fax: 0281-636553, www.iainpurwokerto.ac.id |
||||||||
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
||||||||
Mata Kuliah |
Kode |
Rumpun MK |
Bobot SKS |
Semester |
Tgl Penyusunan |
|||
ILMU MA’ANI |
|
Kaidah Bahasa |
2 SKS |
Lima |
9 Agustus 2018 |
|||
OTORISASI |
Dosen Pengembang RPS |
Koordinator RMK |
Ketua Prodi PBA |
|||||
Enjang Burhanudin Yusuf, M.Pd |
H. A. Sangid, B.Ed., M.A |
H. A. Sangid, B.Ed., M.A |
||||||
Capaian Pembelajaran (CP) |
CP Program Studi |
|||||||
S12 |
Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta memiliki wawasan global dalam perannya sebagai warga dunia |
|||||||
P21 |
Menguasai konsep, metode keilmuan, substansi materi, struktur, dan pola pikir keilmuan Bahasa Arab |
|||||||
KU3 |
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni |
|||||||
KU10 |
Menunjukkan kemampuan literasi informasi, media dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja |
|||||||
KK4 |
Mampu mengembangkan keilmuan dan keprofesian secara berkelanjutan, mandiri maupun kolektif dalam kerangka mewujudkan diri sebagai pendidik sejati dan pembelajar |
|||||||
CP Mata kuliah |
||||||||
M1 |
Mahasiswa mampu mengkaji dan mengenalisa teks-teks berbahasa arab; baik ayat, hadits, syi’ir maupun prosa yang mengandung unsur stilistika bahasa arab |
|||||||
M2 |
Mahasiswa mampu memahami makna balaghiyah dalam sebuah teks berbahasa arab |
|||||||
M3 |
Mahasiswa mampu menerapkan teori kalam kabari dan kalam insya-i dalam berbahasa arab dengan contoh-contoh keseharian |
|||||||
M4 |
Mahasiswa mampu membedakan jenis-jenis kalimat dan penggunaanya dalam ilmu Ma’ani |
|||||||
M5 |
Mahasiswa bisa menganalisa perbedaan makna kata sesuai dengan konteks kalimatnya |
|||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Balaghah I adalah mata kulah keahlian. Balaghah merupakan mata kuliah bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab. Balaghah merupakan bidang yang mengkaji wilayah Stilistik . Pentingnya menguasai ilmu Balaghah agar mahasiswa dapat memahami dasar dasar gaya bahasa dalam ilmu Ma`ani. Ilmu ini awalnya merupakan kajian dalam linguistik sebelum berdiri sebagai disiplin ilmu tersendiri |
|||||||
Materi Pembelajaran / Pokok Bahasan |
|
|||||||
Pustaka |
Utama :
|
|||||||
|
Pendukung : 1- Dr. Fadli Hasan Abbas. 1997. Silsilat al Al-Balaghoh wa lughotina; Fununuha wa afnanuha (ilm al Ma’ani). Oman: Dar al Furqon 2- Dr. Isa Ali al-Akub dan Prof. Ali Sa’di al Satyuri. 1993. Al-Kafi fi Ulum al Balaghoh al ‘Arabiyah: al Ma’ni, al Bayan, dan al Badi’. Ghaza: Jami’atul Futuhat 3- Abdul Muta’al Al Sho’idi. 1991. Al Balaghoh al ‘Aliyah (Ilm al Ma’ani). Mesir: Maktabat al Adab 4- Tamim Muloh. 2014. Al Wajiz fi Ilmi al Balaghoh. Malang: Dream Litera Buana 5- Mamat Zainuddin dan Yayan Nurbayan. 2007. Pengantar ilmu Balaghah. Bandung: Rafika Meditama 6- Dr. Syihabuddin Qalyubi. 2009. Stilistika al-Qur’an. Jogjakarta: LKIS 7- M. Sholeh Shofwan. 2008. Mabadi’ Balaghoh: Pengantar Memahami Nadzom Jauharul Maknun. Jombang: Darul Hikmah |
|||||||
Media Pembelajaran |
Perangkat Lunak: E-Learning, Social Media Group, dll Perangkat Keras : Proyektor, Whiteboard, Plano, dll |
|||||||
Team Teaching |
Enjang Burhanudin Yusuf, M.Pd, H. A. Sangid, B,Ed, MA |
|||||||
Mata Kuliah syarat |
- |
|||||||
Minggu Ke |
Kemampuan Akhir yang Direncanakan (Sub CP MK) |
Materi Pembelajaran |
Bentuk dan Metode Pembelajaran |
Indikator |
Pengalaman Pembelajaran |
Kriteria & Bentuk Penilaian |
Bobot Penilaian (%) |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
1 |
Mahasiswa memahami ilmu balaghah dan kajiannya dalam bahasa arab |
General study tentang al madkhol ila ilm balaghoh wa ilmil ma’ani |
Ceramah dan brainstorming TM 2 x (2x50’)x2 Tugas 1: riview materi tentang ila ilm balaghoh wa ilmil ma’ani BT+BM (1+1)x2 Tugas 2: mencari jurnal tentang ila ilm balaghoh wa ilmil ma’ani dan mereview isinya BT+BM (1+1)x2 |
Ketepatan memberi respon dan partisipasi dalam diskusi |
|
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk : non test Tulisan riview materi |
10 |
2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan hakekat balaghoh, ruang lingkup, syarat-syarat kalam fashih dan baligh, pembagian ilmu balaghah, sejarahnya |
- Definisi balaghah dan syarat-syarat kalam baligh - Definisi fashahah serta syarat-syarat kalam fashih. - Pembagian ilmu balaghah |
Ceramah, diskusi kelompok, analisa masalah TM 2x (2x50’)x2 Tugas 1: membuat artikel tentang kalam baligh, fashahah dan pembagian ilmu balaghah BT+BM (1+1)x2 Tugas 2: laporan review dan diskusi BT+BM (1+1)x2 |
Mahasiswa tepat dalam memahami kalam baligh, fashahah dan pembagian ilmu balaghah |
|
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk : non test Tulisan riview materi |
|
3 |
Mahasiswa mampu menyebutkan pengertian ilmu ma’ani, dan objek –objek kajiannya |
- Definisi ilmu ma’ani - Objek-objek kajian Ilmu Ma’ani |
Ceramah, diskusi kelompok, diskusi masalah TM 2x (2x50’)x2 Tugas 1: membuat artikel tentang ilmu ma’ani dan objek kajiannya BT+BM (1+1)x2 Tugas 2: laporan review dan diskusi BT+BM (1+1)x2 |
Ketepatan mahasiswa dalam memahami ilmu ma’ani dan objek kajiannya |
|
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk : non test Tulisan riview materi |
|
4 & 5 |
Mahasiswa bisa menjelaskan pengertian musnad dan musnad ilaih, tempat-tempat musnad, tempat-tempat musnad ilaih, memakrifatkan musnad ilah, menakirahkan musnad ilai, menyebut musnad ilaih dan membuang musnad ilaih |
- Pengertian musnad dan musnad ilaih, - Tempat-tempat musnad, tempat-tempat musnad ilaih, - Memakrifatkan musnad ilah, menakirahkan musnad ilai, - Menyebut musnad ilaih dan membuang musnad ilaih |
Ceramah, diskusi kelompok, diskusi masalah TM 2x (2x50’)x2 Tugas 1: membuat artikel tentang musnad dan musnad ilaih BT+BM (1+1)x2 Tugas 2: laporan review dan diskusi BT+BM (1+1)x2 |
Ketepatan mahasiswa dalam menelusuri musnad dan musnad ilaih |
|
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk : non test Tulisan riview materi |
|
6 |
Mahasiswa bisa menjelaskan pengertian kalam khobar , tujuan kalam khobari dan bentuk-bentuk kalam khobarii |
- Pengertian kalam khobar , - Tujuan kalam khobari dan bentuk-bentuk kalam khobarii
|
Ceramah, diskusi kelompok, diskusi masalah TM 2x (2x50’)x2 Tugas 1: membuat artikel kalam khobari dan bentuk-bentuknya BT+BM (1+1)x2 Tugas 2: laporan review dan diskusi BT+BM (1+1)x2 |
Ketepatan mahasiswa dalam memahami kalam khobari dan bentuk-bentuknya |
|
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk : non test Tulisan riview materi |
|
7 |
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian kalam insya’I, Mampu menganalisa katagorisasi kalam insya’I, variasi makna pada kalam insya’i |
- Pengertian kalam insya’I, - Kategorisasi kalam insya’I, - Variasi makna pada kalam insya’i |
Ceramah, diskusi kelompok, diskusi masalah TM 2x (2x50’)x2 Tugas 1: membuat artikel tentang kalam insya-I dan variasi maknanya BT+BM (1+1)x2 Tugas 2: laporan review dan diskusi BT+BM (1+1)x2 |
Ketepatan mahasiswa dalam memahami kalam insya-I dan variasi maknanya |
|
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk : non test Tulisan riview materi |
|
8 |
Mahasiswa mampu menerangkan al Amru, bentuk-bentuk kalimatnya dan perbedaan makna sesuai dengan konteks kalimatnya |
- Pengetian amr - Bentuk-bentuk amar - Perbedaan makna kata dalam bentuk amar sesuai dengan konteksnya |
Ceramah, diskusi kelompok, diskusi masalah TM 2x (2x50’)x2 Tugas 1: membuat artikel tentang amr; bentuk dan tujuannya BT+BM (1+1)x2 Tugas 2: laporan review dan diskusi BT+BM (1+1)x2 |
Ketepatan mahasiswa dalam memahami amr; bentuk dan tujuannya |
|
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk : non test Tulisan riview materi |
|
9 |
Mahasiswa mampu menerangkan an Nahyu bentuk-bentuk kalimatnya dan perbedaan makna sesuai dengan konteks kalimatnya |
- Pengetian Nahyu - Bentuk-bentuk Nahyu - Perbedaan makna kata dalam bentuk Nahyu sesuai dengan konteksnya |
Ceramah, diskusi kelompok, diskusi masalah TM 2x (2x50’)x2 Tugas 1: membuat artikel tentang Nahyu: Bentuk dan Tujuannya BT+BM (1+1)x2 Tugas 2: laporan review dan diskusi BT+BM (1+1)x2 |
Ketepatan mahasiswa dalam memahami Nahyu: Bentuk dan Tujuannya |
|
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk : non test Tulisan riview materi |
|
10 |
Mahasiswa bisa menjelaskan definisi Istifham, menyebutkan bentuk-bentuk istifham dan menganalisa makna istifham sesuai dengan konteks kalimatnya |
- Pengertian Istifham: - Bentuk-bentuk Istifham - Makna-makna istifham sesuai dengan konteksnya |
Ceramah, diskusi kelompok, diskusi masalah TM 2x (2x50’)x2 Tugas 1: membuat artikel tentang istifham; bentuk dan makna konteksnya BT+BM (1+1)x2 Tugas 2: laporan review dan diskusi BT+BM (1+1)x2 |
Ketepatan mahasiswa dalam memahami istifham; bentuk dan makna konteksnya |
|
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk : non test Tulisan riview materi |
|
11 |
Mahasiswa mampu menerangkan tarajji wat tamanni wan nida, perangkat yang digunakan dalam tarajji wat tamanni wan nida, pembagainnya dan perubahan makna sesuai dengan konteksnya |
- Penjelasan At Tarajji wat tamanni dan nida: - Perangkat tarajji wat tamanni wan nida - Pembagian dan konteks maknanya |
Ceramah, diskusi kelompok, diskusi masalah TM 2x (2x50’)x2 Tugas 1: membuat artikel tentang tamanni, tarajji dan nida serta makna konteksnya BT+BM (1+1)x2 Tugas 2: laporan review dan diskusi BT+BM (1+1)x2 |
Ketepatan mahasiswa dalam memahami tamanni, tarajji dan nida serta makna konteksnya |
|
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk : non test Tulisan riview materi |
|
12 |
Mahasiswa bisa menjelaskan pengertian qashr, jenis qashr, teknik penyusunan ungkapan-ungkapan qashr dan menganalisa contoh-contoh |
- Pengertian qashr, - Jenis qashr, - Teknik penyusunan ungkapan-ungkapan qashr |
Ceramah, diskusi kelompok, diskusi masalah TM 2x (2x50’)x2 Tugas 1: membuat artikel tentang qashr: Jenis dan teknik pengungkapannya BT+BM (1+1)x2 Tugas 2: laporan review dan diskusi BT+BM (1+1)x2 |
Ketepatan mahasiswa dalam memahami qashr: Jenis dan teknik pengungkapannya |
|
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk : non test Tulisan riview materi |
|
13 |
Mahasiswa mampu menjelaskan fashl dan washal, tempat-tempat washl dan tempat-tempat fashl |
- Pengertian fashl dan washal - Tempat-tempat washl dan tempat-tempat fashl |
Ceramah, diskusi kelompok, diskusi masalah TM 2x (2x50’)x2 Tugas 1: membuat artikel tentang fashl dan washl serta tempat-tempatnya BT+BM (1+1)x2 Tugas 2: laporan review dan diskusi BT+BM (1+1)x2 |
Ketepatan mahasiswa dalam memahami fashl dan washl serta tempat-tempatnya |
|
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk : non test Tulisan riview materi |
|
14 |
Mahasiswa bisa menjelaskan pengertian ijaz, musawah dan ithnab, pembagiannya, dan membuat analisanya dalam contoh-contoh |
- Pengertian ijaz, musawah dan ithnab dan pembagiannya |
Ceramah, diskusi kelompok, diskusi masalah TM 2x (2x50’)x2 Tugas 1: membuat artikel tentang ijaz, musawah dan ithnab dan pembagiannya BT+BM (1+1)x2 Tugas 2: laporan review dan diskusi BT+BM (1+1)x2 |
Ketepatan mahasiswa dalam memahami ijaz, musawah dan ithnab dan pembagiannya |
|
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk : non test Tulisan riview materi |
|
- Teacher: Enjang Burhanudin Yusuf
Perkuliahan ini diperuntukkan bagi mahasiswa Jurusan Tarbiyah Program Strata Satu (S-1) prodi PBA, sebagai calon guru di sekolah, dengan maksud memberikan pengetahuan dan wawasan dasar tentang merencanakan pembelajaran bahasa Arab sebagai suatu sistem.
Dengan pertimbangan tujuan praktis dari mata kuliah ini, maka perkuliahan dirancang untuk dapat membekali pengetahuan dan wawasan dasar yang yang diperlukan bagi mahasiswa nantinya dalam melaksanakan pembelajaran, khususnya dalam membelajarkan siswa sebagai peserta didik di lembaga pendidikan formal (sekolah). Oleh karenanya perkuliahan ini ditekankan pembahasannya pada konsep serta teori-teori dalam merancang pembelajaran yang berkembang serta beberapa paradigma yang dapat dicermati oleh mahasiswa. Dengan harapan nantinya mahasiswa dapat membuat rancangan pembelajaran dengan baik, yang dapat mengoptimalkan keberadaan siswa sebagai peserta didik dalam proses pembelajaran, sehingga pada gilirannya akan dapat melaksanakan serta membuahkan hasil pembelajaran sesuia dengan yang diharapkan.
- Dosen: Yus lam
Mata Kuliah : MUHADATSAH I
Jurusan : Tarbiyah
Smt/Prodi : 3-PBA-2
Bobot : 2 sks
Tahun Akademik : 2013/2014
Dosen Pengampu : Khoirul Amru Harahap, Lc, MHI (HP. 081327715131)
B. DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah Muhadatsah termasuk mata kuliah keahlian pada jurusan PBA, yang terdiri dari dua tingkatan yaitu Muhadatsah I dan Muhadatsah II. Materi ini diajarkan untuk memberikan modal yang kuat bagi peserta didik agar mampu berkomunikasi, berbicara, dan bercerita dengan menggunakan bahasa Arab. Dalam materi Muhadatsah I, akan diajarkan tentang dasar-dasar teori Muhadatsah, langkah-langkah serta ketrampilan dalam berbicara, dan pada akhirnya dilakukan praktek berbicara dengan tema-tema tertentu yang aktual dan relevan menggunakan bahasa Arab.
C. TUJUAN MATA KULIAH
1. Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang dasar-dasar teori Muhadatsah.
2. Mahasiswa memiliki ketrampilan berkomunikasi dengan orang lain menggunakan bahasa Arab
3. Mahasiswa memiliki ketrampilan menyampaiakan ide atau gagasan kepada orang lain dalam kalimat bahasa Arab secara lisan
D. INDIKATOR
1. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar tentang muhadatsah
2. Mahasiswa mampu berkomunikasi dengan lawan bicara (menyapa dan membalasnya).
3. Mahasiswa mampu men-ta’bir-kan kembali bahasa Arab yang didengar.
4. Mahasiswa mampu mengomentari benda, gambar, dan kejadian yang dilihat
5. Mahasiswa mampu menceritakan peristiwa dengan bahasa sendiri.
6. Mahasiswa mampu mengkomunikasikan ide dengan bahasa Arab secara lisan.
- Teacher: khoirul amru harahap
- Lecturer: Yulian Purnama
Mata kuliah Nahwu I merupakan salah satu mata kuliah keahlian yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto sebagai kelanjutan dari mata kuliah Dasar Bahasa Arab dengan harapan dapat membekali mahasiswa prodi PBA sebagai calon pendidik/guru Bahasa Arab dan atau peneliti bidang pembelajaran bahasa Arab dan profesi lainnya agar dalam melaksanakan tugasnya senantiasa dilandasi ilmu bahasa yang benar dan mapan sehingga kegiatan pendidikan yang dilaksanakan adalah kegiatan pendidikan yang profesional. Selain itu, mata kuliah ini sangat mendukung untuk perkuliahan mata kuliah berikutnya seperti Nahwu II, tarjamah, Muthala’ah, Insya’, Kitabah, Khitabah dan Istima’.
II. Standar Kompetensi
- Memiliki pemahaman dan penguasaan tentang susunan jumlah ismiyah dan fi’liyah
- Memiliki kemampuan mengaplikasikan “kaana” dan “inna” serta saudara-saudaranya dalam kalimat
- Menguasai dan memahami susunan fi’il, fa’il dan maf’ulnya
III. Kompetensi Dasar
- Mahasiswa mampu memahami konsep umum tentang materi kuliah Nahwu I
- Mahasiswa memiliki pemahaman tentang al-mubtada wa al-khabar
- Mahasiswa memiliki pemahaman tentang macam-macam khabar al-mubtada.
- Mahasiswa memiliki pemahaman tentang tentang amalnya “Kaana” serta “Inna” dan saudara-saudaranya.
- Mahasiswa memiliki pemahaman tentang fa’il dan naib al-fa’il
- Mahasiswa memiliki pemahaman tentang macam-macam maf’ul dalam teks Arab.
- Dosen: Muhammad Misbah