Mata kuliah Prodi MPS dengan kode MPS

SILABUS Pengantar Bisnis

 

 

  1.        I.      Jurusan                           : Syariah

Prograrm Studi               : MPS

Kode Mata Kuliah        :SYA.062

Jumlah SKS                   : 2

Dosen                             : SOCHIMIN, Lc, M.Si

 

  1.  II.         Deskripsi Mata Kuliah.

Mata Kuliah ini memberikan pemahaman terhadap mahasiswa mengenai konsep dasar bisnis dan praktek bisnis yang sesuai dengan pedoman etika bisnis, serta memahami langkah-langkah perencanaan, pengelolaan  manajemen pemasaran, pengelolaan keuangan, pengelolaan produksi, pengelolaan operasi usaha, pengelolaan manajemen sumber daya manusia dan pengawasan pada sebuah bisnis kecil.

 

  1. III.         Tolok Ukur Indikator Kompetensi (Target Hasil Belajar)
  1. Mahasiswa memahami konsep Konsep Bisnis dan pengaruh Lingkungan terhadap bisnis, serta hubungan lingkungan dan bisnis.
  2. Mahasiswa memahami dan menjelaskan Tanggung Jawab Sosial Suatu Bisnis
  3. Mahasiswa memahami dan menjelaskan Potensi Bisnis dan Kewirausahaan
  4. Mahasiswa memahami dan menjelaskan Bentuk-Bentuk Badan Usaha
  5. Mahasiswa memahami dan menjelaskan Bisnis Internasional
  6. Mahasiswa memahami dan menjelaskan Manajemen Pemasaran
  7. Mahasiswa memahami dan menjelaskan Manajemen Keuangan
  8. Mahasiswa memahami dan menjelaskan Manajemen Produksi dan Operasi
  9. Mahasiswa memahami dan menjelaskan Manajemen Sumber Daya Manusia

 

  1. IV.         Materi Perkuliahan
  2. Konsep Bisnis dan Lingkungan
  3. Tanggung Jawab Sosial Suatu Bisnis
    1. Potensi Bisnis dan Kewirausahaan
    2. Bentuk-Bentuk Badan Usaha
    3. Bisnis Internasional
    4. Manajemen Pemasaran
    5. Manajemen Keuangan
    6. Manajemen Produksi dan Operasi
    7. Manajemen Sumber Daya Manusia

 

  1.  V.         Alternatif Kegiatan / Metode Pembelajaran
    1. Kontrak belajar (pada awal pertemuan) dalam rangka menyepakati hal-hal yang berkaitan dengan Course Outline pembelajaran
    2. Pengenalan konsep baru dapat dilakukan dengan alternatif strategi sebagai berikut :
      1. Dynamic lecturing, ceramah yang diselingi dengan tanya jawab (untuk materi yang diperkirakan baru bagi mahasiswa)
      2. 2.      Synergetic Teaching, mensinergikan dua model pembelajaran yang berbeda dalam pemnahasan materi yang sama.
      3. Brain Storming untuk konsep yang tidak asing bagi mahasiswa
      4. Pendalaman / pembahasan materi dilakukan dengan menggunakan strategi berikut :
        1. Information Search, dengan menunjukkan sumber informasinya seperti buku teks, dan handout.
        2. Jigsaw learning, untuk materi yang dapat dibagi menjadi beberapa bagian dan tidak mengharuskan urutan penyampaian.
        3. Team Quiz, untuk meningkatkan tanggung jawab belajar mahasiswa dalam suasana yang menyenangkan. Hal ini digunakan untuk materi yang mengandung beberapa segmen.
        4. Student lead discussion, dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki mahasiswa.
        5. 5.      Reading guide
        6. 6.      The power of two
        7. Group to group exchange
        8. Active debate.
        9. Review dapat dilakukan dengan strategi berikut :
          1. Everyone is a teacher here
          2. Active debate

 

  1. VI.         Alternatif  Media Pembelajaran
    1. Papan tulis
    2. Kertas plano
    3. Kertas (ukuran kartu pos)
    4. Fotocopy bahan / materi pilihan
    5. OHP / LCD
    6. Ruang kelas
    7. Perpustakaan
    8. Lapangan

 

  1. VII.         Alternatif Evaluasi Pembelajaran
  1. Kehadiran                   : 15%
  2. Tugas dan diskusi       : 25%
  3. Quiz                            : 10%
  4. Ujian Mid Semester    : 20%
  5. Ujian Akhir Semester  : 20%
  6. Performance                : 10%

 

  1. VIII.         Referensi
    1. Gitosudarmo I., 2008, Pengantar Bisnis, Edisi 2, BPFE, Yogyakarta
    2. Machfoedz M., 2007, Pengantar Bisnis Modern, Andy Offset, Yogyakarta
    3. Christin Handayani, 2000, Pengantar Bisnis, Gramedia Pustaka Utama
    4. Madura, Jeff, 2001, Introduction to Business, Second Ed., Thomson Learning Asia, Singapore
    5. Bambang dan Melia Famiola, 2007, Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Indonesia, Jakarta: Rekayasa Sains
    6. Kees Bertens,2000, Pengantar Etika Bisnis, Kanisius
    7. Donald A, Ball, 2005, Bisnis Internasional (Tantangan Persaingan Global)